+62 812-1720-5656 balitripon@gmail.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Birth Date*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.
Please agree to all the terms and conditions before proceeding to the next step

Already a member?

Login

Desa Penglipuran merupakan salah satu desa wisata yang memiliki keunikan dalam struktur bangunan tradisional yang sama. Karena keseragaman bentuk bangunannya membuat desa penglipuran sangat terkenal di Bali, bahkan di dunia. Penglipuran desa wisata melestarikan sistem Tri Hita karana yang selalu menjaga dan melestarikan alam di sekitarnya. Menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal wajib yang harus di jaga oleh masyarakat desa penglipuran.

Lokasi desa wisata Penglipuran Bangli, Bali

Lokasi desa penglipuran ini terletak di Desa Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Jarak tempuh sekitar 45 Menit dari pusat Ubud dan 30 menit dari Obyek wisata Kintamani. Selain desa terbersih, Desa Wisata Penglipuran juga didukung oleh suasana yang sejuk karena terletak di dataran tinggi sekitar 700 m di atas permukaan laut.

Temukan tempat wisata lainnya – Info terlengkap tempat wisata di Bali dan harganya

Desa Wisata Penglipuran Bangli – Lokasi dan Tiket Masuk

Sejarah desa wisata penglipuran

Desa Penglipuran mulai berpenghuni pada zaman pemerintahan Dewa Gede Putu Tangkeban III. Dia berasal dari desa Bayung Gede, penduduknya memiliki keahlian dalam kegiatan agama, adat dan pertahanan. Karena itu, peraturan tradisional serta struktur bangunan antara desa Penglipuran dan desa Bayung Gede memiliki kesamaan.

Asal Mula Nama Penglipuran

Asal mulai kata Desa Penglipuran, ada 2 persepsi berbeda yang diyakini oleh masyarakatnya.

  1. Yang pertama adalah Penglipuran berarti “pengeling pura” dengan “pengeling” berarti ingat dan “pura” berarti tempat leluhur.
  2. Persepsi kedua mengatakan bahwa penglipuran berasal dari kata “pelipur” yang berarti hibur dan “lipur” yang berarti ketidakbahagiaan. Persepsi ini muncul karena Raja Bangli pada saat itu dikatakan sering mengunjungi desa ini untuk bermeditasi dan bersantai. Oleh sebab itu kata penglipuran berarti tempat untuk penghiburan.

Selain struktur bangunan yang sama, desa Penglipuran masih menjaga budaya, tradisi dan hutan bambu mereka sesuai dengan prinsip Tri Hita Karana. Hal ini kemudian yang menjadi ketertarikan sendiri bagi para turis untuk datang berkunjung.

Desa Wisata Penglipuran Bangli – Lokasi dan Tiket Masuk

Daya Tarik Desa Wisata Penglipuran Bangli

  1. Struktur dan ciri khas banguan depan rumah desa adat penglipuran yang unik dan seragam.
  2. Bangunan kuno yang atapnya terbuat dari bambu, yang tertata rapi dengan ciri khas yang masih alami, lingkunagn yang bersih.
  3. Jalanan sudah di tata dengan bebatuan dengan rumput hijau serta taman di sepanjang jalan,membuat kita ingin lama lama diam disini.
  4. Terdapat pura besar yang indah yang terletak di paling ujung utara yang digunakan sebagai kegiatan keagamaan.
  5. Kawasan desa penglipuran juga memiliki hutan bambu exsotik yang menjadi salah satu instagram spot.

Pasilitas yang tersedia di desa wisata ini

  • Tempat wisata ini menyediakan tempat parkir yang luas.
  • Kemudian penduduk setempat banyak yang membuka dagangan di depan rumah mereka yang menjual aneka makanan dan minuman khas Penglipuran, seperti klepon Bali, baju khas penglipuran, cindermata, dan dagangan yang lain.
  • Tempat wisata ini juga menyediakan pemandu lokal yang akan mengantar anda masuk ke rumah-rumah penduduk.
  • Terdapat tempat beristirahat dan tempat menginap bagi wisatawan

Desa Wisata Penglipuran Bangli – Lokasi dan Tiket Masuk

Biaya Tiket Masuk Harus Dibayar

Hampir semua tempat wisata memiliki aturan tersendiri dengan memungut biaya masuk bagi wisatawan. Uang yang anda bayarkan digunakan untuk mendukung pelestarian desa penglipuran. Berapakah tiket masuk desa wisata penglipuran?

Kategori Domestik Asing
Dewasa 15.000 30.000
Anak-anak 10.000 25.000

Transport terbaik menuju desa penglipuran

Untuk mencapai lokasi ini Anda memerlukan kendaraan dalam bentuk sepeda motor, taksi, atau sewa mobil dengan pemandu wisata dan menggunakan jasa paket tour Bali. Jika anda mau menuju air terjun batu lantang tanpa pemandu lokal, anda bisa menggunakan pantuan google. Tetapi kami sarankan menggunakan jasa sewa mobil dengan sopir di Bali. Karena dengan panduan, akan membuat perjalanan Anda lebih cepat dan lebih aman.

Baca tentang > Keindahan Air terjun batu lantang – Air terjun tersembunyi di Bali


Ada Pertanyaan?

Jangan ragu untuk menghubungi kami jika ada pertanyaan. Dengan senang hati akan memberi anda solusi.

+62 812-1720-5656

info@balitripon.com

Sewa Mobil Dengan Sopir

Paket Sewa Mobil Sehari di Bali

Paket Sewa Mobil Sehari di Bali

Paket Sewa Mobil Setengah Hari di Bali

Paket Sewa Mobil Setengah Hari di Bali