News
  • 3 tahun yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Daftar Makanan Khas Bali yang Patut dicoba saat Liburan di Bali
Kategori : informasi perjalanan - Post View : 347 views
14
Jun 2023

Daftar Makanan Khas Bali yang Patut dicoba saat Liburan di Bali

Liburan ke Bali tentunya kita butuh makan, namun bosan dengan makanan itu-itu aja? Lalu makanan khas Bali apa saya yang bisa di coba saat liburan di Bali? Nah sobat Bali Tripon, saya wira, yang kali ini akan membahas tentang daftar makanan khas Bali. Kuliner nikmat yang dapat kalian coba selama berwisata di Bali…

Berwisata di Bali tidak melulu persoalannya tentang keindahan alam dan atraksi wisata. Walaupun terkenal memiliki sejuta keajaiban alam yang mampu menghipnotis siapa pun yang berkunjung ke Bali.

Dan berdampak pula pada beberapa kuliner khas Bali yang menjadi terkenal bahkan sering menjadi tujuan para wisatawan yang liburan ke sini.

Seperti kawasan wisata Ubud yang tidak hanya terkenal akan wisata alam dan budaya yang indah. Tetapi beberapa makanan khas Daerah Ubud pun menjadi incaran.

Bagi sobat traveler yang sering berwisata ke Bali. Tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan beberapa kuliner yang kalian nikmati di Bali.

Seperti yang kita tahu selain memiliki keindahan alam dan berbagai atraksi wisata yang mampu menarik siapa pun untuk berkunjung ke Bali.

Bali pun memiliki kuliner khas Bali yang memiliki rasa yang enak dengan kekhasan dari bumbu rempah-rempah khas Bali. Aroma rempah-rempah khas Bali yang berpadu dengan berbagai bahan makanan menghasilkan rasa masakan yang nikmat dan menggoda selera.

Setiap kabupaten yang berada di Bali memiliki rasa dan  pengunaan rempah -rempah yang berbeda, sehingga makanan khas Bali terbilang cukup unik.

Buat Sobat traveler yang tidak begitu menyukai aroma dan rasa dari bumbu rempah -rempah. Jangan khawatir karena selain memiliki kuliner yang khas makanan Bali. Kalian dapat menemukan bermacam -macam jenis kuliner baik itu western food, asian food bahkan berbagai jenis makanan dan masakan dapat kalian temukan di Bali.

Nah karena artikel ini hanya membahas tentang Daftar Masakan Khas Bali. Maka kita akan membahas beberapa masakan yang menjadi ciri khas masyarakat Bali.

Tentunya mengunjungi Bali tidak akan lengkap tanpa  menikmati beberapa kuliner yang cukup terkenal dari Bali. Dan ini dia Daftar Makanan Khas Bali.

Yang mampu menggugah rasa sobat traveler yang berwisata ke Bali. Berwisata ke Bali tidak hanya memanjakan mata tetapi juga lidah.

Daftar Makanan Khas Bali

Mungkin bila sobat traveler berwisata ke Bali dan mencari beberapa jajanan khas Bali yang menjadi oleh-oleh khas Bali kalian akan menemukan Pie Susu, Pie legong dan beberapa jenis kacang-kacangan. Pie susu, Pia dan berbagai olahan kacang merupakan oleh – oleh favorit dari wisatawan yang berwisata ke Bali.

Walaupun demikian ada juga wisatawan yang menjadikan kopi luwak khas bali sebagai oleh-oleh yang wajib di bawa saat kembali dari liburan di Bali.

Mengingat di Bali saat ini sedang banyak berkembang agrowisata sebagai pendukung pariwisata Bali seperti Agrowisata Kopi Luwak Bali .

Dan masih banyak sebenarnya oleh -oleh khas Bali yang dapat sobat traveler jadikan buah tangan dari Bali. Baklah itu sekelu,it ulasan singat tentang oleh-oleh khas Bali, lalu sekarang kita akan membahas satu persatu makanan khas Bali.

Yang mana dapat pula sobat traveler jadikan oleh -oleh dari liburan di Bali.

1. Ayam / Bebek Betutu

Ayam Betutu

Ayam Betutu di Bali yang terkenal adalah Ayam Betutu Khas Gilimanuk yaitu ayam betutu Men Tempeh, yang mana resep ayam betutu ini merupakan resep yang turun temurun.

Bagi sobat traveler yang kebetulan berwisata ke ujung barat pulau Bali. Yaitu Kabupaten Jembrana kalian dapat mencari restoran yang menyediakan olahan ayam betutu khas Gilimanuk.

Hampir semua restauran di Bali yang menyediakan masakan ayam betutu memiliki resep yang turun temurun. adapun beberapa restauran ayam betutu yang terkenal seperti berikut;

  1. Ayam Betutu Men Tempeh terletak di dekat pelabuhan Gilimanuk dan telah berdiri sejenak tahun 1978.
  2. Ayam Betutu Khas Gilimanuk berada di kawasan Denpasar dan Kuta.
  3. Ayam Betutu Mek Nengah berada di Kabupaten Buleleng.
  4. Rumah makan ayam Betutu Pak Man berada di Daerah Kuta
  5. Warung Betutu Liku berada di seputaran denpasar.

Ayam betutu adalah olahan daging ayam yang mengunakan berbagai macam rempah -rempah sebagai bumbu. yang mana bumbu Ayam betutu di sebut sebagai base genep oleh masyarakat Bali.

Adapun base genep adalah bumbu yang terdiri atas bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, laos, cabai rawit, serai, gula merah, terasi, daun limau, daun salam, minyak kelapa, merica hitam, merica putih, cengkih, pala, tabia bun, ketumbar, kemiri, kemenyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut.

Sehingga menjadikan ayam betutu memiliki cita rasa yang pedas, aromatik dan gurih. Sejarah dari Ayam Betutu bermula pada tahun 1976 yaitu berawal dari Ni Wayan Tempeh atau Men Tempeh yang berasal dari wilayah Abiansi, kota Gianyar.

Bersama suaminya yang bernama I Nyoman Suratna yang berasal dari Bangli, Beliau mendirikan warung Ayam Betutu.

Dan warung ayam betutu yang Beliau dirikan tetap buka hingga sekarang. Ayam betutu secara tradisional merupakan ayam ditaburi oleh bumbu lengkap khas Bali lalu di bakar pada api sekam.

Dan dimasak hingga matang dan mengeluarkan kuah yang khas aroma rempah dan kaldu ayam. Seiring dengan kemajuan zaman maka pengolahan ayam betutu lebih moderen dan juga bagi sobat travler yang menyukai olahan daging bebek.

Maka kalian pastinya kan menemukan daging bebek yang diolah seperti ayam betutu sehingga disebut bebek betutu.

2. Sate Lilit

Daftar Makanan Khas Bali yang Patut dicoba saat Liburan di Bali

Bagi sobat traveler yang menyukai sate, kalian harus mencoba varian sate yang ada di bali yaitu Sate lilit. Sate lilit adalah sate yang menggunakan olahan daging cincang seperti daging Ayam, daging Sapi , ikan bahkan minced pork.

Yang mana olahan daging tersebut bercampur dengan bumbu rempah khas bali serta kelapa muda lalu di lilit pada sebilah bambu kecil yang terbuat dari pohon bambu.

Ataupun dewasa ini banyak yang mengunakan batang sereh sebagai tempat untuk melilitkan adonan sate lilit. Setelahnya sate lilit tersebut di bakar dengan menggunakan arang.

Campuran rempah-rempah mulai dari bawang merah,bawang putih, cabe merah keriting, kemiri,kencur,jahe,lengkuas,kunyit, serai, ketumbar, merica, garam, daun jeruk, parutan kelapa.

Ada sebuah filosofi yang terkandung pada sate lilit yang mana menyimbolkan persatuan dari masyarakat Bali. Dahulu sate lilit hanya tersaji pada saat upacara adat Bali dan hanya dibuat oleh para pria, mulai dari membuat adonan sate hingga membakar sate pada api sekam.

Dan seiring dengan perkembangan zaman, maka pembuatan sate lilit lebih moderen tanpa menghilangkan makna filosofis dan cita rasa khas sate lilit.

Sate lilit khas Bali berwarna kuning dan memiliki rasa yang gurih, pedas manis, dan aromatik. Selain sobat traveler dapat mengkonsumsi langsung sate lilit.

Kalian pun dapat mengkombinasikan dengan sambal Matah Khas Bali dan kacang goreng.

Adapun beberapa restauran yang terkenal dengan sate lilitnya seperti;

  1. Sate Lilit Ayam Anyelir berada di Nuansa Anyelir II, Sumerta, Kec. Denpasar.
  2. Rumah Sate Lilit Ca ong berada di Gg. Pandan No.1, Padangsambian, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar.
  3. Warung Sate lilit pak Komang berada di Jl. Raya Sukawati No.75X, Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar.
  4. Sate Lilit Iluh berada di jalan. Raya Canggu, Kerobokan Kaja, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung.
  5. Warung Sate lilit Men Ari berada di jl. Manik Galih, Kukuh, Kec. Kerambitan, Kabupaten Tabanan.

3. Daftar Makanan Khas Bali yaitu Sambel Matah

Daftar Makanan Khas Bali yang Patut dicoba saat Liburan di Bali

Diantara kalian tentunya sudah sering mendengar sambel matah sebagai sambal khas dari Bali yang melengkapi hidangan khas Bali.

Sambal matah merupakan sambal yang terbuat dari bahan-bahan mentah dan disajikan mentah tanpa proses pematangan bahan masakan.

Kalian dapat menemukan sambel matah pada hidangan ayam / bebek betutu dan Sate lilit sebagai pelengkap makanan. Bahkan sambal matah sendiri dapat kalian konsumsi hanya dengan menggunakan Nasi hangat.

Sambal matah memiliki campuran bumbu rajang yang sangat alus yaitu berupa rajangan Bawang merah, Cabai rawit, terasi ( boleh yang di panggang) , sereh , daun jeruk, garam, jeruk limau, sedikit parutan jahe dan sedikit minyak kelapa khas Bali  ( atau kalian dapat menggantinya dengan mengunakan minyak sayur dan minyak kalian hangatkan terlebih dahulu).

Selain itu dewasa ini adonan sambal matah dapat pula kalian campur dengan suwiran daging ayam goreng, sehingga menambah nikmatnya sambal rasa sambal matah.

Dan juga ada yang mencampurkan adonan sambel matah dengan bunga kecombrang, terong gelatik dan ikan asin. Adapun cita rasa dari sambal matah adalah bercita rasa gurih dan pedas (tergantung selera pedas sobat traveler).

4. Lawar Bali dan Komoh

Daftar Makanan Khas Bali yang Patut dicoba saat Liburan di Bali

Jika kalian berwisata ke Bali dan memasuki restauran yang menghidangkan masakan khas Bali, tentunya kalian sudah tidak asing lagi dengan sajian Lawar Bali beserta semangkuk kuah yang bernama komoh.

Lawar Bali pada umumnya terbuat dari olahan rebusan sayur mayur seperti kacang panjang, nangka Muda, Pepaya Muda, Pisang Kayu ( Biu Kayu), Bongkol Pisang ( Bungkil Pisang) dan Daun Pakis.

Lalu rajangan sayur mayur tersebut bercampur dengan rajangan dari rebusan daging dan kulit seperti daging dan kulit ayam, daging dan kulit sapi, daging dan kulit kambing, daging dan kulit bebek, daging penyu (sekarang sudah amat sangat jarang karena peraturan pemerintah) dan minced pork.

Setelahnya baru kemudian campuran sayur dan daging  tersebut bercampur dengan bumbu lawar khas bali dan juga rajangan kelapa bakar.

Adapun Bumbu lawar khas Bali terbuat dari sambal embe dan bumbu rempah  yang dihaluskan dicampur dengan rajangan/parutan kelapa bakar.

Sambel Embe merupakan sambel yang terbuat dari gorengan bawang merah, bawang putih dan terasi.

Sedangkan bumbu rempah terbuat dari halusan laos, kencur, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, kemiri dan merica.

Dan untuk Komoh sendiri merupakan Rajangan daging dan hati yang tercampur dengan bumbu seperti Terasi goreng, bawang goreng , bawang putih , bumbu suna cekuh, perasan jeruk limau,  dan darah segar dari daging ( optional) lalu rebus dengan air hingga mendidih.

Untuk kalian ketahui bahwa bumbu suna cekuh merupakan bumbu goreng yang terbuat dari Halusan Bawang putih, kencur, kemiri , kunyit, basa wangen.

Dan untuk base wangen merupakan bumbu rempah yang terdiri atas kemiri,cengkeh, sereh, daun salam, pala, lada hitam, lada putih, jeruk purut, ketumbar, cabe puyang, kecombrang, temu tis, temu kunci, bangle, mesoyi (sejenis kayu manis), kemenyan, lenga, sepet-sepet.

Lawar Bali memiliki cita rasa yang Gurih dengan aroma rempah -rempah yang sangat kuat serta pedas.

Dan begitu pula dengan Komoh, yang mana  memiliki rasa seperti kaldu daging yang memiliki rasa rempah -rempah yang sangat kuat.

5. TUM

Daftar Makanan Khas Bali yang Patut dicoba saat Liburan di Bali

Bila kalian pernah mengkonsumi olahan daging yang terbungkus dengan daun pisang, maka kalian tentu tidak asing lagi mendengar istilah TUM.

Masyarakat Bali menyebut Tum merujuk dengan tata cara pengolahan daging yaitu membumbui daging dengan berbagai rempah -rempah lalu membungkusnya dengan daun pisang dan mengukusnya hingga matang.

TUM menggunakan cincangan daging dan banyak varian daging yang biasanya dapat digunakan untuk membuat TUM, seperti Daging Ayam, Daging Belut dan Minced Pork.

Selain itu sobat travler akan menemukan sajian Tum yang terbuat dari umbi pohon pisang. Masyarakat Bali menyebutnya dengan nama Tum Bungkil.

Bahkan kalaina dapat pula menemukan TUM Pisang Kayu ( Tum Biu kayu) yang bercampur dengan rajangan daging. Adapun kalian akan menemukan sebuah TUM yang di sebut TUM Nyuh, yang berarti lebih banyak kelapa yang digunakan dari pada daging.

Semuanya tergantung dari selera sumber protein yang sobat traveler inginkan, Bahkan kalian bisa mengganti daging dengan tahu, kelapa yang terparut kasar ataupun telor.

Adapun bumbu yang biasanya untuk membuat adonan Tum adalah bawang merah, bawah putih, jahe, kencur, kunyit, jintan, serai, daun jeruk, laos,  daun salam dan ketumbar halus.

Haluskan bumbu lalu campurkan dengan daging cincang ataupun varian lain yang sobat traveler inginkan. Setiap varian daging ataupun isian dari TUM akan memiliki cita rasa yang berbeda -beda.

6. Daftar Masakan Khas Bali Sate Plecing

Daftar Makanan Khas Bali yang Patut dicoba saat Liburan di Bali

Sate Plecing merupakan olahan daging sate tusuk dengan tambahan sayur plecing, sambal matah , sambal merah, sambal bumbu kacang beserta kacang goreng.

Adapun daging yang biasanya bisa sobat travler temukan adalah Daging Ayam , Daging Ikan Tuna, Daging Sapi dan Daging Babi,

Bahkan sekarang ada juga yang menggunakan Daging siput atau Daging kerang.

Untuk membuat daging sate yang gurih, lembut dan enak, maka daging harus termarinasi terlebih dahulu dengan bumbu.

Adapun bumbunya adalah Bawang Putih, Bawang Merah, Kemiri ,Cabai Merah, cabai rawit , Gula merah ,Terasi ,Ketumbar ,Jeruk Limau, Kecap manis.

Lalu setelah mengalami proses marinasi, barulah membuat sate tusuk dan di bakar menggunakan sekam api.

Adapun Plecing merupakan rebusan sayur kangkung yang dicampur dengan bumbu halus dari Bawang Putih ,Bawang Merah,Cabai Merah,cabai rawit , Gula merah ,Terasi ,Tomat Jeruk Limau, garam.

Rasa sate plecing umumnya berasa gurih dan pedas manis.

7. Timbungan

Daftar Makanan Khas Bali yang Patut dicoba saat Liburan di Bali

Pernahkah Kalian mengkonsumsi Timbungan, yang mana merupakan memasak daging  yang menggunakan batang bambu sebagai wadah dan menghabiskan waktu sekitar 12 jam proses memasak.

Timbungan menurut salah satu naskah kuno yang berada di Bali. Merupakan jenis makanan yang paling tua yang berada di Bali.

Memasak timbungan membutuhkan kesabaran dan juga teknik memasak yang baik untuk mendapatkan cita rasa yang lezat.

Adapun Daging yang biasanya di olah dalam timbungan adalah Daging Bebek, Daging Babi,Daging Ayam dan Ikan.

Proses memasak yang cukup lama membuat daging menjadi empuk dan lembut dengan rempah-rempah yang meresap pada daging.

Daging yang ada dalam timbungan memiliki rasa yang sangat enak , gurih, lembut dan empuk, pedas serta rasa rempah- rempah yang sangat kuat.

Setelah daging terbumbui lalu dimasukan ke dalam batang bambu dan di bakar menggunakan arang selama 12 jam.

Adapun Bumbu timbungan adalah Bawang merah, Kencur, Bawang putih, Laos, Cabai merah, Daun salam, Cabai, Rawit, Sereh, Lada, Terasi, Kunyit, Garam, Jahe.

8. Babi Guling

Babi Guling

Babi Guling merupakan kuliner khas Bali yang merupakan pengolahan daging babi dengan cara di guling. yang bertujuan mendapatkan kulit daging yang renyah dan empuk.

Kuliner khas Bali ini bukan sekedar kuliner yang hanya berupa daging panggang. Sebelum membuat daging babi yang di guling , biasanya ada berbagai bumbu rempah yang digunakan untuk memarinasi daging babi tersebut.

Daging akan dipanggang sekitar 4 hingga 5 jam sampai berwarna kecoklatan dan kulit daging yang mengelupas. Terkadang dalam daging terdapat isian berupa sayur daun singkong yang telah terbumbui.

9. Nasi Campur Ayam

Daftar Makanan Khas Bali yang Patut dicoba saat Liburan di Bali

Ini merupakan salah satu makanan khas Bali yang sangat gampang di temui dan harganya sangat terjangkau. Nasi campur ayam ini di sajikan untuk sarapan, makan siang atau juga bisa untuk makan malam.

Campurannya juga terbilang sangat lengkap dalam satu porsi yang terdiri dari Nasi putih, ayam sisit, sambal, sayur kemudian biasanya ada taburan kacang-kacangan. Tentunya ini sangat gurih dan murah dengan menu yang lengkap.

Nah itulah makanan khas masyarakat Bali yang dapat kalian temukan pada semua Kabupaten yang berada di Bali.

Setiap Kabupaten di Bali memiliki makanan khas tersendiri.

Misalkan dari Kabupaten Jembrana yang terkenal akan Lawar Klungahnya yaitu Lawar yang terbuat dari Batok Kelapa yang sangat muda sekali.

Kabupaten Buleleng terkenal akan Blayag Buleleng yang merupakan olahan sayur mayur dan ketupat dengan bumbu khas Buleleng.

Saat kalian berwisata ke Bagian utara Pulau Bali, Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Kabupaten Buleleng.

Kabupaten Tabanan yang terkenal akan kelezatan Lawar Kuwir. Saat mengunjungi objek wisata di Kabupaten Tabanan, seperti Bedugul, Tanah Lot, Pantai Kedungu, dan objek wisata lainnya.

Cobalah untuk menikmati Lawar kuwir ini. Lalu Kabupaten Karang Asem terkenal akan nasi sela yaitu nasi yang berpadu dengan ubi sehingga menjadikan Nasi memiliki cita rasa yang enak dan gurih.

Dan Kabupaten Bangli terkenal dengan Be Jair nyat nyat dan loloh cem-cem, tentunya kalian sudah pernah mencobanya bukan?.

Kabupaten Badung terkenal akan olahan seafoodnya yang lezat. Serta Kabupaten Gianyar yang terkenal akan Bebek bengil nya.

Dan perlu juga kalian ketahui bahwa setiap kabupaten di Bali memiliki begitu banyak makanan khas yang hanya bisa di temukan pada setiap Kabupaten.

Jadi berwisata ke Bali tidak hanya berburu objek wisata yang indah melainkan kalian dapat memburu kuliner khas masing-masing daerah.

Daftar Tempat Menikmati Makanan Khas Bali

Nah setelah mengetahui beberapa makanan khas Bali, tentunya anda ingin tahu dimana bisa menemukan makanan-makanan ini. Banyak tempat makan terkenal dengan makanan khas Bali yang di sajikan, diantaranya ;

1. Nasi Ayam Buk Mangku Kedewatan

Nasi Ayam Ibu Mangku Kedewatan berada di Ubud Bali dengan menu utamanya nasi campur yang merupakan hidangan populer dari Bali, Indonesia. Di kenal karena rasanya yang lezat dan kombinasi bahan-bahannya yang unik. Hidangan ini biasanya terdiri dari ayam kukus atau panggang yang di sajikan dengan nasi harum yang dimasak dengan kaldu ayam dan berbagai bumbu.

Ayam dimasak dengan campuran bumbu seperti bawang putih, jahe, kunyit, dan serai, sebelum dimasak hingga empuk dan beraroma. Sedangkan nasinya di masak dengan kaldu ayam, memberikan rasa yang kaya dan gurih. Hidangan ini sering disertai dengan berbagai bumbu dan pendamping, seperti sambal (sambal pedas), telur rebus, lalapan, dan bawang goreng renyah.

2. Bebek Tepi Sawah

Daftar Makanan Khas Bali yang Patut dicoba saat Liburan di Bali

Bebek Tepi Sawah adalah salah satu restoran terkenal di Bali, Indonesia, yang berspesialisasi dalam bebek betutu, yang merupakan hidangan khas Bali berupa bebek goreng atau panggang. Nama “Tepi Sawah” diterjemahkan menjadi “di dekat sawah”, mencerminkan lokasi restoran yang tenang dan indah.

Restoran ini menawarkan pengalaman bersantap yang unik dimana para tamu dapat menikmati makanan khas Bali dalam suasana tradisional Bali yang dikelilingi oleh sawah yang subur. Suasana dirancang untuk memberikan rasa ketenangan dan suasana Bali yang otentik.

3. Betutu Gilimanuk

Betutu Gilimanuk dikenal dengan masakan Betutunya. Restoran ini mengambil namanya dari Gilimanuk, sebuah kota pelabuhan yang terletak di ujung barat Bali, yang terkenal dengan hidangan laut dan masakan Betutu.

Betutu adalah makanan khas Bali yang terbuat dari ayam atau bebek, direndam dengan campuran bumbu dan rempah yang kaya, lalu dimasak perlahan atau dipanggang hingga sempurna. Hidangan ini biasanya dibungkus dengan daun pisang atau bahan alami lainnya sebelum dimasak, agar bumbu meresap ke dalam daging. Hasilnya adalah hidangan beraroma dan lembut yang menampilkan esensi masakan Bali.

Betutu Gilimanuk mengkhususkan diri dalam menyajikan hidangan asli Betutu, menawarkan pilihan ayam dan bebek. Proses marinasinya melibatkan kombinasi bumbu lokal seperti kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, dan cabai. Hidangan dimasak perlahan hingga daging menjadi empuk dan menyerap semua rasa aromatik.

4. Jimbaran Cafe

Paket Wisata Tanah Lot Uluwatu dengan Makan Malam Jimbaran

Jimbaran Cafe mengacu pada tempat makan yang terletak di desa pesisir Jimbaran di Bali, Indonesia. Istilah “Jimbaran Cafe” umumnya digunakan untuk merujuk pada banyak restoran seafood yang berjejer di pantai Jimbaran.

Kafe-kafe ini terkenal dengan sajian makanan khas Bali, terutama makanan laut bakar segar. Pengunjung dapat memilih dari berbagai pilihan makanan laut, termasuk ikan, udang, cumi, kerang, dan lobster. Makanan laut biasanya ditampilkan di atas es, memungkinkan pelanggan untuk memilih item yang mereka sukai, yang kemudian dipanggang di atas api arang terbuka hingga sempurna.

Jimbaran Cafe ini memiliki penataan tempat duduk terbuka di atas pasir. Para tamu dapat menikmati makanan mereka sambil menghadap ke Teluk Jimbaran yang indah dan matahari terbenam yang menakjubkan. Suasananya santai dan kasual, dengan meja-meja yang ditata langsung di atas pasir.

Nah itu beberapa daftar makanan khas Bali yang bisa di coba saat liburan di Bali, semoga artikel ini membantu kalian dalam mengenal kuliner khas masyarakat Bali yang memang telah turun temurun di wariskan.

Jangan lupa untuk selalu berwisata ke Bali menggunakan layanan sewa mobil dan sopir dari Bali Tripon ya..atau ambil promo paket tour kami. Sampai jumpa lagi pada artikel-artikel kita selanjutnya mengenai wisata dan kuliner khas Bali.

8 September 2020

Sewa Mobil Dengan Sopir Sehari di Bali

7 November 2022

5 Spot Indah Tempat Rekreasi di Bedugul Bali

16 Oktober 2021

9 Daftar Bulan yang Bagus Untuk Liburan ke Bali

Bali Tripon

Bali Tripon adalah Perusahaan Operator Tour dan Sewa Mobil dengan Sopir Berpengalaman di Bali. Kami Melayani dengan hati, Dengan Legalitas Perusahaan No :
AHU-0014633-AH.01.14/ 0309220001892.

Phone : 081217205656

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281217205656

Alamat : Jalan Pakisaji, Cenganasari 3 No.50 Kesiman, Bali 20327
Pool/Office : Jl. Nuansa Utama XIX, Blok A No.2, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Metode Pembayaran

Paket Tour Murah Bali