News
  • 3 tahun yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Destinasi Wisata Bali Utara
Kategori : informasi perjalanan - Post View : 324 views
6
Mei 2023

Destinasi Wisata Bali Utara

Destinasi wisata Bali Utara,  ada yang sudah pernah berkunjung ke Bali Utara? dan mengetahui wisata bali utara? Artikel kita kali ini akan membahas berbagai tempat wisata yang berada di bagian utara pulau Bali, khususnya Kabupaten Buleleng.

Adakah dari Sobat traveler yang pernah menjelajahi destinasi wisata yang berada di ujung utara Pulau Bali ini. Kemungkinan sebagian dari sobat traveler yang bepergian dan berwisata ke Pulau Bali, lebih banyak menghabiskan waktu untuk  berwisata ke bagian Bali Selatan, Bali Timur dan Bali Tengah.

Atau mungkin juga ada sebagian dari sobat traveler yang sudah bepergian ke Bali Utara tapi belum mengenal dan mengetahui tentang bagaimana wisata di bagian utara pulau Bali.

Walaupun beberapa objek wisata yang berada di bagian Utara pulau Bali sudah ada yang mengenal dan bahkan masuk kedalam agenda wisata.

Seperti objek wisata Handara Gate, Banyumala waterfall, Pantai Lovina, twin lake, Wanagiri Hidden Hill adalah beberapa objek wisata yang berada di Bagian utara pulau Bali dan sudah terkenal yang mungkin pernah sobat traveler kunjungi.

Maka dari itu artikel ini akan kita khususkan untuk membahas tentang segala hal dan seluk beluk dari wisata bagian utara pulau Bali ini.

Kabupaten Buleleng merupakan Kabupaten yang terletak di ujung utara pulau Bali. Kabupaten ini terbagi atas 9 kecamatan.

Terbagi atas 129 desa, 19 kelurahan, 551 dusun/banjar dan 58 lingkungan. Dan memiliki panjang pantai yang membentang dari ujung barat ke ujung timur sepanjang 144 km.

Secara topograpi, Kabupaten Buleleng memiliki keberagaman dalam struktur terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan.

Sebagian besar wilayahnya merupakan daerah perbukitan dan pegunungan yang membentang di bagian Selatan. Sedangkan untuk wilayah utara yang mana merupakan pantai berupa dataran rendah.

Baca Juga: Objek Wisata Hits dan Tebaru di Buleleng

Iklim dari Kabupaten Buleleng adalah iklim tropis dengan suhu udara yang bervariasi sesuai dengan ketinggian tempat dari permukaan laut.

Daftar Destinasi Wisata Bali Utara

Adapun daftar dari Destinasi wisata Bali Utara yang team Bali Tripon yang sudah Team Bali Tripon rangkum adalah sebagai berikut.

1. Air Terjun Fiji Lemukih

Destinasi Wisata Bali Utara

Air terjun Lemukih ini memiliki lokasi yang dekat dengan Air terjun Sekumpul.  Sobat traveler yang sedang berwisata ke Air Terjun Sekumpul, Kalian juga dapat sekaligus berwisata ke air terjun Lemukih.

Terletak di desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Buleleng di kawasan pariwisata Bali Utara,  di dalam area air terjun ini terdapat 3 air terjun dalam satu tempat.

Memiliki ketinggian yang hampir sama, dan yang tertinggi adalah air terjun sebelah kanan berkisar 40 meter. Yang paling tengah memiliki debit airnya paling kecil sedangkan untuk paling kiri debit airnya paling besar.

Sehingga deretan dari 3 air terjun di desa Lemukih Buleleng dikenal dengan Triple Waterfall.

Disepanjang perjalanan, sobat traveler akan menemui beberapa spot -spot cantik seperti wahana ayunan ber latar belakang sawah dan pegunungan hijau yang menyuguhkan alam spektakuler.

Air terjun ini memiliki air yang jernih serta kawasan alam yang masih asri. Benar-benar menyuguhkan suasana yang tenang.

Terdapat kolam penampungan yang dapat sobat traveler pergunakan untuk berendam di bawah air tejun ini.

2. Air Terjun Cemara Sambangan

Air Terjun Cemara Sambangan

Memiliki pesona yang  indah serta cantik, air terjun Cemara menjadi salah satu tujuan wisata yang dapat sobat traveler masukan ke agenda berlibur.

Karena banyaknya pohon cemara yang dahulu tumbuh di sekitaran air terjun ini, maka masyarakat setempat menamainya dengan Air Terjun Cemara.

Adapun lokasi dari air terjun Cemara terletak di desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Air Terjun Cemara ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan lebar sekitar 6 meter serta deebit airnya besar.

Pada bagian bawah terdapat kolam alami yang memiliki kedalaman sekitar 4 meter.  Yang mana dapat sobat traveler gunakan untuk mandi dan berendam sehingga sobat traveler dapat merasakan sensasi air di alam bebas.

Memiliki nuansa alam yang sejuk dan tenang disertai dengan hembusan angin yang cukup kencang. Sangat cocok untuk sobat traveler yang gemar akan berpetualang di alam bebas.

3. Air Terjun Puncak Manik

Destinasi Wisata Bali Utara - Air Terjun Puncak Manik

sumber photo : EvaKristiya

Air terjun Pucak Manik merupakan air terjun kembar tiga yang menyuguhkan pemandangan alami nan indah

Untuk mencapai air terjun ini sobat traveler akan tersuguhi dengan perkebunan para penduduk yang akan ditemui sepanjang perjalanan.

Dari hektaran tanaman kopi , melewati hutan, bebatuan dan menapaki tangga tentunya akan menjadi pemandangan indah yang akan sobat traveler temui.

Sehingga Perjalanan untuk sampai ke air terjun tidaklah terasa, karena sobat akan merasakan suasana alam yang tennag, damai, asri dan sejuk.

Adapun lokasi dari Air Terjun Puncak Manik ini beada di tengah Hutan lindung di desa  Wanagiri, Yaitu di  Jalan Pucak Manik, Wanagiri, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng.

4. Colek Pamor Waterfall

Destinasi Wisata Bali Utara

Bila Sobat Traveler sedang berkunjung ke Air terjun GitGit. Sobat traveler sekaligus dapat berkunjung ke Air terjun Colek Pamor yang berada satu Area dengan Air Terjun GitGit.

Terkadang Air terjun Colek Pamor juga disebut denga Air terjun gigit ke 2. Objek Wisata ini berada Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.

Sama seperti Air terjun pada umumnya yang menawarkan pemandangan alam yang hijau dan menakjubkan.

Begitu pula dengan pemandangan sekitar dari Air Terjun Colek Pamor.

5. Brahma Wihara Arama

Brahma Wihara Arama

Photo by Agus Astapa

Brahma Vihara Arama adalah wihara terbesar dan tempat persembahyangan untuk umat Budha yang berada di Bali.

Dan sekaligus menjadi salah satu bukti Toleransi yang berada Bali . Di dalam vihara ini terdapat banyak Stupa dan pahatan yang bergambar Budha sebagai ciri khas Vihara Budha.

Vihara ini memiliki desain arsitektur khas Bali. Di area vihara sobat traveler dapat melihat kolam bundar, air mancur, dan bunga teratainya.

Dibangun oleh Bante Rakhito Mahatera di desa Banjar Tegeha, kecamatan Banjar, kabupaten Buleleng. dan sering disebut Vihara Budha Banjar.

Vihara ini merupakan tempat yang menarik karena selain sebagai tempat ibadah juga menjadi tempat wisata di kawasan Buleleng.

Terletak pada sebuah dataran tinggi perbukitan. Vihara ini memiliki suasana yang tenang, sepi, dan nyaman.

Pemandangan yang tersaji pun juga sangat indah dan berdekatan dengan Pantai lovina.

6. Pura Dalem Jagaraga (Pura Dalem Segara Madhu)

Pura Dalem Jagaraga (Pura Dalem Segara Madhu)

Pura Dalem Jagaraga atau pun Pura Dalem Segara Madhu adalah kawasan pura yang berada di Desa Jagaraga, Kecamatan Sawan, Buleleng.

Pura Dalem ini bukanlah Pura Dalem biasa, karena Pura Dalem ini merupakan simbol perlawanan dari masyarakat dalam melawan penjajahan.

Relief -relief yang terukir pada pura ini memiliki keunikan tersendiri. Seperti adanya relief mobil kuno beserta orang yang bersenjata, relief pesawat jatuh, relief orang Belanda minum bir dan lain-lain.

Dan dalam beberapa ukiran dari relief -relief dapat pula sobat traveler temukan bahwa beberapa relief ada yang  menceritakan tentang kapal laut yang tengah diserang oleh monster laut.

Selain itu, terdapat relief yang melukiskan tentanf sosok rangda yang berada dalam kepercayaan masyarakat Bali.

Di kawasan Pura ini dapat sobat traveler jumpai patung Men Brayut yang ada di dalam cerita rakyat Bali tentang seorang ibu yang memiliki banyak anak dan bergelayutan pada gendongan ibunya.

7. Klenteng Ling Gwan Kiong

Klenteng Ling Gwan Kiong merupakan Klenteng tertua yang berada Di Buleleng Bali. Klenteng ini berada di Jl. Erlangga No.65, Kp. Bugis, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81114.

Adapun Pembangunan dari Klenteng ini kira-kira sekitar 150 tahun silam oleh masyarakat Tionghoa di Buleleng. Warna merah, kuning keemasan, dan putih mendominasi bangunan klenteng ini.

Dan sebuah Jembatan kecil berukir naga akan membawa Sobat travler memasuki Klenteng ini.

Adapun pembangunan dari Klenteng ini tidak terlepas dari peran cendekiawan asal Negeri Tirai Bambu bernama Chen Fu Zhen Ren atau Tan Hu Cin Jin. Dan umat Tionghoa di Buleleng mendirikan kelenteng pada 1873.

8. Museum Gedong Kertya

Gedong Kirtya atau Museum Gedong Kirtya atau Perpustakaan Gedong Kirtya merupakan perpustakaan lontar tertua yang berada di Bali.

Museum Gedong Kertya beralamat di Jalan Veteran, No. 20, Kelurahan Paket Agung, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Dan memiliki luas 300 meter persegi.

Pendirian Museum ini yaitu pada tanggal 2 Juni 1928 dan tertanggal  14 September 1928, museum ini terbuka untuk umum.

Adapun gedung dari museum ini berada di kompleks Sasana Budaya yang mana merupakan istana tua kerajaan Buleleng.

Adapun koleksi dari museum ini berupa ribuan koleksi manuskrip daun lontar, prasasti, manuskrip kertas dalam bahasa Bali dan huruf Romawi termasuk dokumen-dokumen dari zaman kolonial (1901-1953) yang tersimpan rapi dalam kotak yang disebut keropak.

9. Museum Buleleng

Peresmian Museum Buleleng pada tanggal 21 Desember 2001 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, I Gede Ardika.

Adapun koleksi Museum Buleleng adalah barang-barang pribadi milik dari Raja Buleleng yaitu Ki Gusti Anglurah Panji Sakti.

Dan benda purbakala seperti patung, sarkofagus, dan senjata serta benda kesenian masyarakat Bali bagian utara. Adapun Koleksi unggulannya adalah lukisan Ki Barak Panji Sakti

Museum ini Beralamat di Jalan Veteran No. 23, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Museum Buleleng terletak di lingkungan Pura Seni Sasana Budaya Singaraja.

Peranan dari Museum Buleleng sangatlah penting dan menjadi tempat dari berbagai koleksi lukisan dan artefak peninggalan arkeologi Kerajaan Buleleng yang masih tersebar di seluruh dunia.

Selain itu Museum Buleleng merupakan museum yang mengoleksi naskah lontar yang berisi ilmu pengetahuan rohani dan pengalaman hidup para leluhur Bali.

10. Air Terjun Puncak Sari

Air terjun puncak sari memiliki air jernih berwarna kebiruan sehingga di kenal pula dengan nama Blue Lagoon. Objek wisata ini terletak  di Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Berada di dasar lembah sedalam kurang lebih 300 meter. Serta suasana yang alami dan masih belum banyak terjamah oleh pengunjung.

Air terjun ini mengalir di antara tebing tinggi terselimuti oleh tumbuhan hijau dan air yang jernih berwarna kebiruan sehingga menjadikan tempat ini asri.

Baca Juga : 10 Aktivitas Watersport Terfavorit di Tanjung Benoa

Sobat traveler yang ingin merasakan sensasi air terjun ini dapat berenang di blue lagon yang berada di bawah air terjun. Dan di Objek wisata ini juga disediakan Gazebo untuk sobat traveler yang ingin beristirahat.

Jadi sobat traveler itulah beberapa tempat -tempat wisata yang berada di Bagian Utara Pulau Bali. Semoga Artikel ini berguna bagi Sobat traveler yang menginginkan berwisata ke Bagian Utara Pulau Bali khususnya Kabupaten Buleleng.

Menjelajahi Destinasi Wisata di Pulau Bali merupakan hal mengasikan sobat traveler, terkadang kita akan dikejutkan oleh hidden germ yang terkadang kita temukan saat berwisata dan menjelajah tempat-tempat wisata.

Pilihan Transportasi untuk berwisata ke Destinasi Wisata Bali Utara

Nah setelah mengetahui beberapa destinsai wisata Bali Utara, tentunya ini menjadi pertanyaan buat anda untuk mengetahui bagaimana cara menuju destinasi wisata ini. Bagi sobat yang sedang liburan di Bali dan ingin mengunjungi destinasi wisata yang ada di Bali Utara ini. Ada beberapa jenis transportasi yang bisa anda gunakan untuk mencapainya.

Yang paling murah tentunya menggunakan sepeda motor. Kemudian taxi atau mobil sewaan bagi anda yang sedang berlibur di Bali. Tetapi bagi beberapa orang akan mengahapkan liburan yang santai dan nyaman. Karena itu kami sangat sarankan anda untuk menggunakan layanan Sewa Mobil dengan Sopir di Bali.

Lalu dimana mendapatkan rental mobil dengan sopir yang terpercaya? Banyak penyedia layanan transportasi di Bali, Namun anda bisa menggunakan layanan transportasi murah bersama balitripon.com. Kami memiliki banyak pilihan armada terbaru seperti New avanza, Innova Reborn, Toyota Hiace, dan Alphard tersedia dengan sewa mobil + sopir + BBM.

Pilihan ini sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati liburan, bulan madu dan wisata keluarga dengan santai dan tidak mau repot memikirkan jalan dan rute menuju objek wisata yang ada di Bali Utara dan tempat wisata lainnya yang ada di Bali.

14 September 2023

Bandung Waterfall – Objek wisata Air Terjun di Gianyar Bali

15 Januari 2022

Green Kubu Nusa Penida – Daya Tarik, Lokasi dan Tiket Masuk

17 November 2020

Kelingking Beach Nusa Penida – Tempat wisata hits di nusa penida

Bali Tripon

Bali Tripon adalah Perusahaan Operator Tour dan Sewa Mobil dengan Sopir Berpengalaman di Bali. Kami Melayani dengan hati, Dengan Legalitas Perusahaan No :
AHU-0014633-AH.01.14/ 0309220001892.

Phone : 081217205656

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281217205656

Alamat : Jalan Pakisaji, Cenganasari 3 No.50 Kesiman, Bali 20327
Pool/Office : Jl. Nuansa Utama XIX, Blok A No.2, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Metode Pembayaran

Paket Tour Murah Bali