IKUTI
News
  • 4 bulan yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Diamond Beach, Menikmati Secuil Surga di Tempat Wisata Nusa Penida
Kategori : Objek Wisata Nusa Penida - Post View : 54 views
14
Jan 2021

Diamond Beach, Menikmati Secuil Surga di Tempat Wisata Nusa Penida

Diamond Beach, Menikmati Secuil Surga di Bumi sebagai tempat Wisata Baru di Nusa Penida. Bali sepertinya memang surga bagi para wisatawan yang mencintai pantai. Selain terkenal karena pantai Kuta, Sanur, Pandawa dan lainnya. Bali juga memiliki banyak pantai lain yang berpotensi menjadi tempat wisata yang lebih maju dan berkembang. Salah satu pantai ini terletak di Nusa Penida, yang lokasinya berada di luar Bali namun masih termasuk pada wilayah pemerintahan Bali.

Meskipun pulau kecil, tapi banyak sekali tempat wisata yang patut dijelajahi. Untuk menghabiskan waktu di pulau tersebut, pengunjung yang menyeberang dari Bali bisa memilih paket tour nusa penida ( one day trip atau half day trip ). Bagi wisatawan yang tertarik mendatangi Nusa Penida karena tertarik dengan pantainya yang masih murni dan belum terlalu banyak di jelajahi pengunjung, maka patut mendatangi Diamond Beach.

Sejarah dan Cerita di Balik Nama Diamond Beach

Nama-nama pantai biasanya mencerminkan nama wilayah tersebut. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku bagi Diamond Beach di Nusa Penida. Tempat wisata baru di Nusa Penida ini mendapatkan namanya dari tebing-tebing karst yang mengelilingi sekitar pantai. Karena posisinya yang tersebar di beberapa titik tebing, tebing batu karst runcing ini terlihat seperti hamparan permata. Apalagi jika terkena sinar matahari, menyilaukan.

Diamond Beach, Menikmati Secuil Surga di Tempat Wisata Nusa Penida

Tidak heran jika akhirnya lokasi pantai ini dikenal dan dinamai dengan Diamond Beach. Selain karena kemilau dari tebing yang terkena cahaya matahari, pasir putih di pantai ini juga menjadi permata tak ternilai yang pasti dicari-cari pecinta pantai. Dulunya, tempat ini bahkan tidak bisa di akses dan wisatawan yang bisa menikmati pemandangan dari atas tebing saja.

Sebelum menjadi lokasi wisata, hanya warga setempat saja yang bisa mengakses keindahan tempat ini karena jalan dari atas tebing menuju ke bawah pantai sangat terjal. Para wisatawan harus bersyukur dan berterima kasih kepada warga setempat karena membuat akses bagi pengunjung dengan membuat tangga dan jalan setapak. Dengan akses ini, wisatawan pun bisa dengan leluasa menikmati Diamond Beach.

Lokasi Pantai Diamond Nusa Penida

Tempat wisata baru di Nusa Penida ini terletak di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk bisa mencapai lokasi ini, Anda harus menyeberang terlebih dahulu dari Bali dari pelabuhan yang terdapat di daerah Sanur. Anda bisa menemukan banyak speed boat yang bisa dijadikan alat transportasi dengan menghabiskan waktu tempuh selama 30 menit.

Baca Juga; Jadwal keberangkatan fast boat dari Sanur ke nusa penida

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk ke Diamond Beach

Seperti halnya banyak pantai yang ada di Indonesia, Diamond Beach di Nusa Penida buka selama 24 jam. Hanya saja, demi faktor keselamatan ada baiknya jangan mendatangi pantai di waktu malam karena meskipun sudah ada tangga dan jalan setapak, jalanan tersebut sangat terjal dan pencahayaan yang masih kurang memadai. Untuk waktu kunjungan terbaik, datanglah di pagi hari untuk menikmati suasana pagi.

Diamond Beach, Menikmati Secuil Surga di Tempat Wisata Nusa Penida

Adapun untuk harga tiket, setiap pengunjung yang ingin memasuki area Diamond Beach maka akan dikenakan harga tiket sebesar lima ribu rupiah. Untuk tempat wisata baru di Nusa Penida, harga tiket sebesar itu sangatlah murah dan terjangkau oleh semua kalangan dan wisatawan semua umur. Selain untuk menikmati Diamond Beach, satu tiket sudah bisa sekaligus untuk akses ke Pantai Atuh.

Pesona Laut Biru dan Pantai Putih Diamond Beach

Masih ragu untuk mengunjungi Diamond Beach karena belum seterkenal pantai di Bali lainnya? Sebaiknya Anda hilangkan keraguan tersebut karena Diamond Beach menawarkan pesona lautan yang biru dan pantai putih yang memukau. Air laut yang jernih memungkinkan para wisatawan untuk melihat langsung kedalaman laut di mana terdapat banyak terumbu karang dan ikan-ikan berenang bebas.

Meskipun garis pantainya tidak terlalu panjang, karena dibatasi tebing batuan karst, justru membuat pantai ini menjadi surga tersembunyi. Perpaduan antara lautan biru kehijauan, pantai putih yang terterpa buih ombak dan tebik berkilau bak permata memang pantas disebut sebagai secuil surga di atas bumi. Semua keraguan Anda pun akan langsung sirna dalam sekejap setelah menyaksikan pemandangan ini.

Spot Foto Menarik di Diamond Beach

Rasanya ada yang kurang jika tidak mengambil foto di tempat wisata. Dan rasanya tempat wisata juga akan kekurangan sesuatu jika tidak memiliki spot khusus atau khas untuk berfoto. Tempat wisata baru di Nusa Penida ini memiliki beberapa spot foto menarik yang tidak boleh dilewatkan terutama bagi wisatawan yang memang suka membagi kegiatannya di media sosial.

Latar belakang laut biru sudah cukup menjadi salah satu spot foto menarik di Diamond Beach. Selain itu, perpaduan antara warna luatan, pasir, tebing dan semak-semak hijau juga memberikan kesan yang luar biasa. Apalagi jika Anda mampu menangkap angle foto yang tepat. Tidak ada salahnya meminta bantuan teman yang lebih mengerti tentang fotografi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pantai Diamond Nusa Penida

Selain dari tebing, lautan dan pantai, bagian tangga menuju lokasi pantai pun bisa menjadi salah satu spot berfoto yang unik. Pasalnya, pemandangan indah dari ketinggian tangga merupakan posisi yang tepat untuk mengambil pemandangan laut lepas. Tempat wisata baru di Nusa Penida ini memang tidak ada duanya jika membicarakan keindahan alam yang masih belum banyak terjamah.

Satu lagi tempat terakhir yang menjadi spot foto wajib sekaligus salah satu atraksi yang dibuat warga setempat di Diamond Beach adalah ayunan yang terikat di batang pohon kelapa. Ayunan yang menggantung di atas tebing ini memberikan sensasi melayang. Di saat bersamaan, pemandangan yang diambil dari ayunan ini pun sangat memukau, tidak kalah dari pemandangan yang diambil dari atas tangga.

Fasilitas Pendukung di Sekitar Diamond Beach

Karena Diamond Beach merupakan tempat wisata yang masih terhitung baru, fasilitas pendukung di sekitarnya masih belum cukup memadai. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan tempat parkir maka Anda akan bisa menemukan sebuah lahan yang dikhususkan untuk parkir kendaraan.

Tempat parkir ini letaknya sekitar 20 meter dari pantai. Dari tempat parkir Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Adapun untuk toilet serta penjual makanan belum terlihat di sekitar wilayah tempat wisata baru di Nusa Penida ini. Oleh karena itu disarankan Anda membawa bekal makanan sendiri sebelum memasuki kawasan pantai. Bawa makanan yang bisa cukup mengenyangkan namun tidak berat dibawa. Jangan lupa untuk membawa kembali sampah bekas makanan Anda untuk menjaga kebersihan pantai.

Tempat Wisata Lain di Sekitar Diamond Beach

Ada beberapa pilihan tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi ketika tengah berkunjung ke Diamond Beach. Salah satu di antaranya adalah Pantai Atuh tanpa harus membayar kembali biaya tiket masuk. Keluar dari lokasi pantai, Anda bisa mengunjungi Bukit Teletubbies yang juga sedang naik daun seperti pantai permata ini.

Meskipun Diamond Beach merupakan tempat wisata baru di Nusa Penida, pantai ini memiliki potensi wisata yang tinggi. Apalagi jika pantai ini bisa dikelola dengan baik dengan tetap menjaga keasriannya. Sebagai pengunjung, maka Anda juga harus ikut bertanggung jawab menjaga kelestarian dan kebersihan tempat-tempat wisata di nusa penida. Salah satunya adalah pantai ini, supaya nama yang sudah tersemat pada Diamond Beach tidak tercemar.

Nah itu dia sedikit gambaran tentang pantai diamond, semoga bermanfaat dan menambah informasi anda sebelum mengunjungi tempat wisata ini. Terima Kasih, sampai ketemu di artikel berikutnya..

19 September 2020

Tour Nusa Penida Barat | Kelingking Beach, Angel Bilabong, Broken Beach

20 September 2020

Sewa mobil dengan supir dan bbm di Bali