IKUTI
News
  • 9 bulan yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Kebun Raya Bedugul, Lokasi Botanical Garden dan Harga Tiket Masuk
Kategori : Objek Wisata Bali - Post View : 283 views
20
Mei 2021

Kebun Raya Bedugul, Lokasi Botanical Garden dan Harga Tiket Masuk

Hi sobat ketemu lagi dengan saya wira, kali ini akan membahas tentang Kebun Raya Bedugul Bali. Sebelum lanjut, apakah sobat sudah tahu atau pernah mendengar tentang kebun raya atau Botanical Garden terbesar yang ada di kabupaten Tabanan. Ini merupakan objek wisata yang berdekatan dengan pura Ulun Danu Beratan dan Bloom garden.

Kebun Raya Bedugul adalah sebuah kebun botanical paling besar yang ada di Indonesia. Terletak di dataran tinggi di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Sekitar 60 km bila sobat mulainya dari Denpasar. Dan merupakan tempat wisata favorit keluarga, karena memiliki cuaca sejuk.

Sejarah Kebun Raya Bedugul Bali

Botanical Garden atau Kebun Botanical ini merupakan kebun raya pertama di Bali yang dibangun oleh putra bangsa Indonesia. Di dalam Pengelolaannya dikerjakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan secara struktur organisasi ada di bawah bimbingan Pusat Pelestarian Tumbuhan Kebun Raya Bogor.

Di bangun pada 15 Juli 1959 yang sebelumnya Kebun Raya Eka Karya Bali ini hanya digunakan sebagai mengembangbiakan tumbuhan tetumbuhan runjung. Bersamaan dengan perubahan status dan luas kawasannya, kebun yang ada di ketinggian 1.250-1.450 m dpl ini sekarang sebagai lokasi pelestarian ex-situ. Untuk tumbuhan pegunungan tropika wilayah Timur Indonesia. Luas areal Kebun Raya sebelumnya cuman 50 ha, tapi sekarang ini luas kebun raya jadi 157,5 ha.

Bermula dari ide Prof. Ir. Kusnoto Setyodiwiryo, Direktur Instansi Pusat Penyidikan Alam yang merangkap sebagai Kepala Kebun Raya Indonesia. Bersama I Made Taman, Kepala Instansi Konservasi dan Pengawetan Alam waktu itu yang ingin membangun cabang Kebun Raya di luar Jawa, dalam hal ini Bali.

Pendekatan ke Pemda Bali diawali tahun 1955, sampai pada akhirnya di tahun 1958 petinggi yang berkuasa di Bali dengan cara resmi tawarkan ke Instansi Pusat Penyidikan Alam untuk membangun Kebun Raya di Bali.

Nama ” Eka Karya ” untuk Kebun Raya Bali diusulkan oleh I Made Taman. ” Eka ” memiliki arti Satu dan ” Karya ” memiliki arti Hasil Kerja . Maka ” Eka Karya ” bisa disimpulkan sebagai Kebun Raya pertama yang disebut kerja hasil bangsa Indonesia sendiri sesudah Indonesia merdeka.

Kebun Raya Bedugul, Lokasi Botanical Garden dan Harga Tiket Masuk

Kebun raya ini diutamakan untuk mengumpulkan Gymnospermae (tumbuhan berdaun jarum) dari penjuru dunia karena beberapa jenis ini bisa tumbuh secara baik dalam kebun raya. Koleksi pertama banyak dihadirkan dari Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas, diantaranya Araucaria bidwillii, Cupresus sempervirens dan Pinus masoniana. Tipe yang lain yang disebut tumbuhan asli wilayah ini diantaranya Podocarpus imbricatus dan Casuarina junghuhniana.

Lokasi Botanical Garden Bedugul

Botanical Garden Bedugul berada di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Jaraknya sekitaran 62,6 km atau sekitaran 1 jam 14 menit dari Lapangan terbang International Ngurah Rai. Dan mempunyai jarak 40 km dari tempat wisata Lovina di Singaraja Buleleng.

Lokasi tempat wisata ini berada di tengah-tengah antara kabupaten buleleng dengan kabupaten Tabanan. Dibilang sangat strategis karena melewati banyak tempat wisata yang searah dengan kebun raya bedugul. Baik dari arah buleleng maupun dari arah Denpasar

Tempat wisata yang searah dengan kebun raya bedugul bila dari Denpasar

  1. Pura Taman Ayun Mengwi
  2. Alas Kedaton Tabanan Bali
  3. Joger Bali Luwus
  4. Jatiluwih Sawah Bertingkat
  5. Air Terjun Leke-leke
  6. Bloom Garden

Tempat wisata yang searah dengan kebun raya bedugul jika dari buleleng

  1. Air terjun git-git
  2. Air terjun Skumpul
  3. Puncak Selfi wanagiri
  4. Handara Gate Bali
  5. Pura Ulun Danu Beratan

Kebun Raya Bedugul, Lokasi Botanical Garden dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bedugul 2021

Sama dengan tempat wisata lainnya, objek wisata keluarga ini mengup-date biaya tiket masuk per tanggal 1 januari 2021, sebagai berikut

  • Biaya tiket masuk Rp 9.000/orang.
  • Parkir sepeda motor Rp 3.000/motor.
  • Parkir mobil beroda 4 Rp 6.000/mobil.
  • Ongkos parkir bus, Rp 11.000
  • Dan tiket masuk mobil ke dalam areal kebun raya Bedugul, Rp 12.000.

Jam Buka dan Tutup

Untuk jam oprasional atau jam buka dan tutup kebun raya bedugul ini memiliki waktu yang telah di tentukan. Tentunya tidak bisa datang berwisata dalam 24 jam. Jam buka dan tutup kebun raya ini adalah Senin s/d Kamis 08.00 – 16.00 WITA. Sedangkan hari Jum’at jam buka nya lebih pendek 08.00 – 12.00 WITA. Tetapi pada saat hari libur seperti tanggal merah, Sabtu dan Minggu buka dari pukul 08.00 – 18.00 WITA.

Pilihan Transportasi Menuju kebun raya Bedugul

Karena tidak tersedianya transportasi umum yang bisa digunakan, memaksa para wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi. Mulai dari sepeda motor, atau menggunakan kendaraan pribadi dengan sopir sendiri.

Bila anda datang untuk berlibur di Bali, menggunakan layanan sewa mobil atau motor adalah pilihan transportasi menuju tempat wisata ini. Gunakan atau ikuti petunjuk google map untuk lokasi.

Apabila anda baru pertama kali mengunjungi kebun raya ini, kami sarankan mencari jasa sewa mobil dengan sopir dan bbm Bali,  karena jalanan menuju lokasi sangat jauh dari pusat kota dan berliku-liku.

Namun, penting sekali Anda ingat bahwa kondisi pandemi seperti saat ini penerapan protokol kesehatan sangat diwajibkan di Bali untuk melakukan perjalanan wisata. Ikuti arahan dan aturan yang berlaku, sering cuci tangan, jaga jarak dan jangan lupa pakai masker. Selamat Berlibur sobat travel

18 Mei 2021

Bloom Garden Bedugul Bali, Tiket Masuk dan Lokasi

1 Juni 2021

Snorkeling Manta Bay Nusa Penida | Tour Nusa Penida