IKUTI
News
  • 1 tahun yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Pura Ulun Danu Bedugul, Keunikan, Lokasi dan Tiket Masuk Terbaru
Kategori : Objek Wisata Bali - Post View : 336 views
23
Feb 2021

Pura Ulun Danu Bedugul, Keunikan, Lokasi dan Tiket Masuk Terbaru

Apa kabar sobat travel, ketemu lagi dengan saya “Wira” kali ini saya akan menceritakan sedikit tentang objek wisata Pura Ulun Danu Bedugul. Mengapa objek wisata Bedugul ini selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun internasional. Bali dikenal sebagai pulau dengan ragam keindahan alam yang memesona.

Bahkan menjadi tujuan utama bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Minat yang tinggi terhadap pulau Bali dirasa wajar karena Bali menyajikan sejuta keindahan mulai dari pesisir pantainya hingga gunung-gunungnya.

Pulau Bali identik dengan sebutan pulau dewata karena sebagian masyarakat Bali menganut agama Hindu yang memuja dan menyembah dewa. Di samping sebutan yang sangat khas itu, Bali juga kerap dikatakan sebagai Pulau Seribu Pura. Keberadan pura di Bali yang menjadi pusat kegiatan adat juga sebagai tujuan wisata favorit. Salah satunya adalah pura di Bedugul yang bernama Pura Ulun Danu Beratan.

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali

Ulun Danu Beratan adalah salah satu pura Hindu yang terletak di tepi danau Beratan di kawasan wisata Bedugul, Desa Candikuning, Baturiti, Tabanan Bali. Pura terapung di atas danau. Jaraknya sekitar 56 km dari kota Denpasar.

Tour Pilihan yang di Rekomendasikan

  1. Paket Tour Bedugul Tanah Lot
  2. Paket Tour Murah Dolphin Lovina

Pura Ulun Danu terletak di tepi barat Danau Bratan di Bedugul. Terletak di ketinggian 1.239 meter di atas permukaan laut adalah salah satu pura terindah dan paling banyak difoto di Bali. Dan juga Ulun Danu berada di dalam gunung berapi yang sekarang sudah punah namanya Gunung Chatur. Ini adalah salah satu sumber irigasi utama di dataran tinggi Bali.

Pura Ulun Danu Bedugul, Keunikan, Lokasi dan Tiket Masuk Terbaru

Sejarah Pura Ulun Danu Beratan

Melihat dari bangunan pura yang bukan lagi bangunan baru, tentu saja Pura Ulun Danu Bedugul telah melalui sejarah yang panjang yang dapat diketahui dari lontar babad Mengwi. Berdasarkan data arkelogi, di depan pura tersebut terdapat benda-benda peninggalan bersejarah. Jenisnya berupa sarkofagus batu dan papan batu yang diperkirakan sudah ada sejak zaman megalitikum.

Sampai sekarang masih bisa dilihat kedua artefak tersebut di halaman depan atau teras Pura Ulun Danu Beratan Bedugul. Dengan temuan yang menyangkut usia kedua artefak tersebut, dapat diperkirakan bahwa pura tersebut sudah menjadi pusat aktivitas adat dan kepercayaan sejak 500 tahun sebelum Masehi. Sarkofagus batu dan papan batu menjadi bukti bahwa kepercayaan masyarakat Bali sudah begitu kental sejak lama.

Masih berdasarkan babad Mengwi, pendiri kerajaan Mengwi yaitu I Gusti Agung Putu diperkirakan telah mendirikan Pura Ulun Danu Bedugul sebelum pendirian Pura Taman Ayun. Sayangnya tidak ada penjelasan pasti mengenai waktu kapan tepatnya Pura Ulun Danu Beratan dibangun. Namun ada penjelasan lain yang mengatakan Pura Taman Ayun dibangun dengan upacara pada hari Anggara pada tahun Caka 1556 atau tahun 1634 Masehi.

Dengan data-data yang dilihat dari babad Mengwi, berarti Pura Ulun Danu Beratan Bedugul didirikan sebelum tahun dibangunnya Pura Taman Ayun. Sedangkan informasi tentang pendirinya sudah tidak ada simpang siur karena sudah jelas yaitu I Gusti Agung Putu. Pemimpin kerajaan Mengwi itu kemudian diberi julukan I Gusti Agung Sakit setelah berhasil mendirikan Pura Ulun Danu Beratan karena menghasilkan kesejahteraan dan ketenteraman di masyarakat.

Pura Ulun Danu Bedugul, Keunikan, Lokasi dan Tiket Masuk Terbaru

Keunikan dan Daya Tarik Objek Wisata Ulun Danu

Dalam kompleks Pura Ulun Danu Bedugul, terdapat lima pura dan satu buah stupa. Kelima pura tersebut memiliki nama Penataran Agung, Dalem Purwa, Lingga Petak, Taman Beji dan Prajapati. Kelima pura ini meskipun berada di satu kompleks, ternyata memiliki fungsi masing-masing yang berkaitan dengan tradisi keagamaan masyarakat Hindu di Bali.

Tujuan pemujaan dewa di setiap pura juga tidak sama, berikut ini adalah pura dan stupa yang ada di kawasan Pura Ulun Danu Beratan

1. Pura Penataran Agung

Penataran Agung memiliki fungsi untuk memuja keberasan Tuhan dalam manifestasiNya sebagai Tri Purusha yaitu Siwa, Parama Siwa dan Sada Siwa. Pemujaan pada Tri Purusha ditujukan untuk meminta anugerah kesuburan, memohon kesejahteraan manusia, kemakmuran dan keseimbangan alam semesta. Pura ini dapat terlihat ketika melewati Candi Bentar atau di gerbang yang terpisah menuju Beratan.

2. Pura Dalem Purwa

Dalem Purwa memiliki 3 pelinggi utama di dalamnya. Ada Pelinggih Dalem Purwa sebagai tempat untuk pemujaan Dewa Rudra dan Dewa Durga untuk meminta sumber kemakmuran. Kemudian ada Bale Pemaruman atau Bale Murda Manik, yaitu tempat untuk rapat atau diskusi. Terakhir ada Bale Panjang yang digunakan sebagai tempat untuk meletakkan perlengkapan upacara. Pelinggih di kompleks Pura Ulun Danu Bedugul ini terletak di tepi selatan danau.

3. Pura Lingga Petak

Selanjutnya yaitu Pura Lingga Petak yang juga disebut sebagai Pura Ulun Danu Beratan. Pura inilah yang terlihat paling jelas pada uang kertas pecarahan Rp50.000. Di dalam pura ini terdapat sebuah sumur keramat dan suci. Sumur tersebut menyimpan air suci dulun danu atau Tirta Ulun Danu. Pura ini dianggap sebagai sumber air kesuburan dari Danau Beratan. Selain itu, ada juga sebuah Lingga putih yang diapit dua batu berwarna hitam dan merah.

Paket tour Bedugul Tanah Lot

4. Pura Taman Beji

Berfungsi sebagai tempat untuk melangsungkan upacara Ngebejiang atau ritual penyucian sarana upacara. Selain itu, pura di kompleks Pura Ulun Danu Bedugul ini juga sebagai pusat untuk memohon air atau tirta suci. Di pura ini juga sering diadakan upacara Melasti, yaitu tradisi penyucian umat Hindu di Bali.

5. Pura Prajapati

Sedangkan Pura Prajapati merupakan tempat Dewi Durga dengan pelinggih menghadap ke barat. Selain kelima pura dengan masing-masing fungsi, di Pura Ulun Danu Beratan juga terdapat satu buah stupa Budha yang menghadap ke selatan. Stupa tersebut merupakan simbol keselarasan dan keseimbangan kehidupan beragama. Stupa Budha tersebut tepatnya berlokasi di luar area utama dari kompleks Pura Ulun Danu Beratan.

Pura Mengapung di Danau Beratan

Keunikan lainnya Pura Ulun Danu Bedugul yang terletak di tepi danau membuatnya terlihat berbeda dari pura pada umumnya. Banyak orang setuju menyebut pura tersebut sebagai pura terapung. Padahal yang sebenarnya, pemandangan pura yang seolah mengapung itu hanya pengaruh dari air danau. Jika air di danau Beratan sedang naik, maka pura di tepinya itu terlihat seperti sedang mengapung di atas air.

Perpaduan pemandangan yang indah dari air danau dan bangunan pura yang ikonik membuat obyek wisata ini menjadi pilihan latar belakang foto. Setiap pengunjung seperti tidak mau melewatkan momen dan tidak rela jika ketinggalan berfoto dengan latar belakang pura. Terlebih di waktu tertentu ketika matahari sedang cerah, berfoto dengan latar pura yang seolah mengapung akan tampak sangat indah.

Aktivitas Seru yang Bisa di lakukan di kawasan Pura Ulun Danu Bedugul

Pura Ulun Danu Bedugul, Keunikan, Lokasi dan Tiket Masuk Terbaru

Selain mengabadikan momen dengan latar belakang pura, jangan lewatkan pula aktivitas seru lainnya di kompleks Pura Ulun Danu Bedugul ini. Pengunjung dapat melakukan aktivitas air atau water sport di area danau. Mulai dari memancing, speedboat, hingga berlayar menggunakan perahu angsa, semua sarananya sudah tersedia untuk disewa. Tempat penyewaan terdapat di sisi kanan pura yang berupa dermaga kecil.

Dengan menyewa perahu, pengunjung dapat menikmati arsitektur pura dari jarak yang lebih dekat. Namun perhatikan keamanan dan keselamatan karena danau tersebut cukup dalam dengan kedalaman air hingga 23 meter. Untuk pengunjung anak-anak sebaiknya tetap didampingi orangtua atau orang dewasa ketika menggunakan perahu di atas danau.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Bila anda ingin mengunjungi objek wisata ini, anda akan dikenakan biaya tiket masuk dan menggunakan semua spot poto yang ada. Mengapa ada biaya tiket? Karena uang yang anda bayar sebagai biaya tiket masuk akan digunakan untuk biaya pembangunan, perawatan serta untuk menjaga semua fasilitas wisata ini.

Lalu seberapa besar uang yang di butuhkan untuk membayar tiket wisata kawasan Pura Ulun Danu Bedugul? Berikut ini harga tiket serta biaya parkir kendaraan.

Harga Tiket Domestik
Harga Tiket Asing
Anak-anak : 10.000Anak-anak : 25.000
Dewasa : 30.000Dewasa : 50.000
Parkir Mobil : 5.0005.000/ mobil
Parkir Sepeda Motor : 2.0002.000/ mobil

Pilihan Transportasi Menuju Pura Ulun Danu Bedugul

Banyak cara atau transportasi yang bisa anda gunakan untuk mengunjungi tempat wisata ini, mulai dari sepeda motor, atau menggunakan kendaraan pribadi dengan sopir sendiri. Bila anda datang untuk berlibur di Bali menggunakan layanan sewa mobil atau motor adalah pilihan transportasi menuju Pura Ulun Danu. Gunakan atau ikuti petunjuk google map untuk lokasi spot poto intagramable.

Apabila anda baru pertama kali mengunjungi puncak selfie wanagiri, kami sarankan mencari jasa sewa mobil dengan sopir dan bbm Bali,  karena jalanan menuju lokasi sangat jauh dari pusat kota dan berliku-liku.

Namun, penting sekali Anda ingat bahwa kondisi pandemi seperti saat ini tidak memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan wisata. Oleh karenanya, tunggu hingga kondisi pandemi membaik dan tetap patuhi protokol kesehatan.

Fasilitas Lengkap dan Memadai

Kompleks wisata Pura Ulun Danu Beratan termasuk destinasi liburan dengan fasilitas yang sudah lengkap dan memadai. Selain area parkir yang luas, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan toilet umum dan kamar mandi. Pengunjung dapat membeli makanan atau minuman di toko serta menikmati kuliner di tempat makan.

Baca Juga tempat wisata dekat pura ulun danu ; 6 Spot Foto Wisata Selfie Puncak Wanagiri yang Instagramable

Pura Ulun Danu Bedugul menjadi salah satu rekomendasi wajib untuk dikunjungi ketika di Bali. Membawa pulang foto berlatar belakang pura tersebut akan menjadi kenangan yang tidak terlupakan.

2 Maret 2021

Pesona Pantai Suluban Uluwatu Bali; Lokasi dan Harga Tiket

21 April 2021

Tempat Wisata di Bali yang Sudah Buka dan Harga Tiket Masuk Terbaru