IKUTI
News
  • 4 bulan yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Pura Tanah Lot Bali, 3 Keajaiban yang ada di Pura Tanah Lot
Kategori : Objek Wisata Bali - Post View : 50 views
28
Des 2020

Pura Tanah Lot Bali, 3 Keajaiban yang ada di Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot Bali adalah pura hindu unik yang berdiri di atas formasi batu besar di pantai barat daya pulau Bali. Pura ini didedikasikan untuk Dewa Baruna atau Dewa Laut, perwujudan Tuhan ( umat Hindu menyebutnya Ida Sang Hyang Widhi ) yang memiliki tugas dan otoritas untuk menjaga lautan.

Tempat ini adalah salah satu tujuan wisata paling terkenal di dunia. Menjadi salah satu atraksi terbaik di Bali untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Setiap harinya objek wisata ini dikunjungi oleh ribuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sejarah Pura Tanah Lot Bali

Sejarah pura tanah lot berkaitan dengan perjalanan Dang Hyang Nirartha. Ia juga dikenal sebagai Pedanda Shakti Wawu Rauh atau Dang Hyang Dwijendra, seorang pendeta suci dari Pulau Jawa yang merantau untuk menyebarkan ajaran Hindu di Bali pada abad ke-15. Berdasarkan Dwijendra Tatwa, sebuah kitab kuno Bali yang berisi tentang perjalanan Dang Hyang Niratha dari Jawa ke Bali.

Hal itu diceritakan ketika pendeta melakukan perjalanan jauh di Bali dan singgah di batu karang besar di pesisir Desa Beraban. Batuan tersebut dinamakan “Gili Beo” yang artinya pulau kecil menyerupai “Burung Beo”. Dia bermeditasi di atas batu. Namun, Bendesa Beraban Sakti, seorang kepala desa datang dan ingin mengusirnya. Itu karena pemimpinnya sangat menentang ajaran Dang Hyang Nirartha.

Pura Tanah Lot Bali, 3 Keajaiban yang ada di Pura Tanah Lot

Keajaiban yang ada di Pura Tanah Lot

Kemudian diceritakan bahwa pendeta memindahkan batu koral (tempatnya bersemedi) dari darat ke laut. Melihat itu, sang pemimpin dan penduduk desa pun terkesima dengan kesaktian sang pendeta. Kemudian, mereka mengakui dan juga memutuskan menjadi pengikut imam.

Di atas batu karang itu dibangunlah sebuah pura yang menjadi tempat pemujaan Ida Sang Hyang Widhi (dewa). Hingga akhirnya terkenal dengan sebutan “Tanah Lot” yang artinya batu karang di tengah laut.

Lokasi Pura Tanah Lot Bali

Lokasi Tanah Lot berada di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Tepatnya di atas formasi batuan di pesisir pantai. Sekitar 27km dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit dari bandara ngurah rai.

Sangat mudah untuk menuju ke sana dengan menggunakan mobil atau motor. Selain itu anda bisa sewa mobil dengan supir di dekat kawasan wisata yaitu: Tuban, Seminyak, Kuta, dan lain sebagainya.

Lihat Map > Lokasi Tanah Lot Bali

3 Keajaiban yang ada di Pura Tanah Lot

Beberapa hal Menarik di Tanah Lot Bali, Bagi Anda yang berencana mengunjungi Pura Laut Tanah Lot di Bali, Anda mungkin bertanya-tanya apa yang diharapkan dari pura tersebut. Sebenarnya ada beberapa hal menarik yang bisa Anda lihat, di antaranya:

1. Bangunan Candi Yang Unik

Pertama, tentunya merupakan bangunan candi Hindu. Bangunan candi terlihat sangat unik dan berbeda dari yang lain karena berdiri di atas batu besar di pinggir pantai. Pura ini didedikasikan untuk Dewa Baruna, perwujudan Tuhan sebagai penjaga laut menurut kepercayaan masyarakat Bali.

Keindahan pura

Pura yang di bangun di atas batu karang

Saat air surut, akses ke bangunan candi terbuka dan mudah dilalui. Oleh karena itu, pengunjung dapat berkesempatan untuk menjelajahi kawasan candi selama ini. Jika tidak, bangunan candi akan sulit dijangkau saat air pasang karena dikelilingi air laut dan terlihat seperti pulau kecil di tengah laut.

Rekomendasi Paket tour > Bedugul – Tanah Lot Tour

Apalagi ada juga bangunan pura lainnya di kawasan Tanah Lot. Itulah Pura Batu Bolong yang berdiri di atas tebing batu yang menjorok ke laut di sebelah barat pura di atas.

2. Gua Suci dengan Ular Suci

Di sebelah timur bangunan candi (di atas batu karang) terdapat goa suci yang dihuni oleh beberapa ular. Ular ini memiliki belang hitam putih di sekujur tubuhnya dan dikategorikan ke dalam spesies berbisa “Bungarus Candidus” dalam bahasa latin. Masyarakat setempat percaya bahwa ular itu adalah jelmaan dari selendang Dang Hyang Nirartha.

Pura Tanah Lot Bali

Ular Suci di Tanah Lot

Pengunjung diperbolehkan untuk melihatnya di dalam gua tetapi harus ditemani oleh seorang pawang ular di sana. Selain itu, di dekat goa juga terdapat mata air alami yang di kenal dengan nama Tirta Pembersih oleh warga sekitar. Mata air ini biasanya digunakan sebagai sarana ibadah dan juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit.

3. Matahari Terbenam yang Indah dengan latar belakang pura

Menjelang sore, Anda bisa melihat fenomena sempurna di area pura, yaitu perpaduan indahnya matahari terbenam, siluet pura, dan pemandangan laut yang luas.

Kombinasi inilah yang diinginkan sebagian besar potographer untuk mendapatkan tampilan ikonik dari latar belakang mereka. Maka dari itu, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan semua keindahannya.

Suasana Matahari terbenam di Pura Tanah Lot

Suasana Matahari terbenam di area Pura Tanah Lot

Matahari terbenam akan muncul pada pukul 17.30 sore. Area candi akan menawarkan momen yang paling dicari yaitu: pemandangan matahari terbenam.

Baca Juga > Tanah Lot – Uluwatu Tour

Pemandangan matahari terbenam terlihat begitu menakjubkan dan indah di sebelah barat, dan Anda bisa menyaksikannya sambil berjalan menyusuri jalan pasir pantai dengan santai.

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk melihat kombinasi pemandangan yang mengagumkan di sana, yaitu antara matahari terbenam yang kemerahan dan siluet pura.

Harga Tiket Masuk ke Pura Tanah Lot

Untuk saat ini kabupaten Tabanan memberlakukan harga tiket masuk ke kawasan ini, yaitu 35.000 untuk dewasa dan 15.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk tiket parkir tergantung jenis kendaraan. 5.000 untuk mobil kecil dan 10.000 untuk bus besar.

28 November 2020

Crystal Bay Beach Nusa Penida

12 September 2020

Paket Tour Bedugul Tanah Lot