IKUTI
News
  • 7 bulan yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Start Point Pendakian Gunung Batur | Pilihan Jalur Pendakian Termudah
Kategori : Bali Trekking - Post View : 883 views
2
Des 2020

Start Point Pendakian Gunung Batur | Pilihan Jalur Pendakian Termudah

Ketemu lagi dengan saya ( wira ) sobat.. kali ini saya akan menjelaskan tentang start point pendakian gunung batur. Ada beberapa pilihan jalur pendakian yang bisa anda pilih dalam melakukan pendakian ke gunung Batur. Dalam pendakian gunung Batur, kita memerlukan waktu kurang lebih 2 jam dari start point menuju puncak Gunung Batur. Dalam perjalanan mendaki gunung batur anda akan menaklukkan ketinggian 1717 Mdpl, sehingga anda harus menguras tenaga dalam pendakian ini.

Tetapi berjalan di kegelapan malam di bawah pepohonan melalui jalur pendakian gunung Batur merupakan sebuah pengalaman yang mengesankan. Tentunya pendakian ini tidak akan terasa begitu melelahkan. Setiap jalur pendakian gunung Batur memiliki titik peristirahatan yang bisa anda gunakan untuk mengembalikan tenaga anda yang terkuras dalam perjalan sebelumnya.

Start point pendakian gunung batur atau Jalur Pendakian

Untuk melakukan pendakian gunung Batur terdapat 4 jalur pendakian yang bisa anda gunakan atau pilih sebagai start point pendakian ke puncak Gunung Batur. Ada baiknya anda mengetahui jalur mana saja, sebelum anda memutuskan untuk memilih start point pendakian gunung batur. Di bawah ini adalah beberapa pilihan tentang jalur-jalur pendakian tersebut.

1. Melalui Jalur Pura Pasar Agung

Tempat ini merupakan Start Point tersingkat karena kita bisa memulai dari perut gunung Batur, Kita bisa mengakses tempat ini dengan mobil dan sepeda motor. Untuk menuju jalur pendakian ini pertama-tama anda harus melewati pura Jati, kemudian menuju ke arah pura Pasar Agung Batur.

Tips Mendaki Gunung Batur Bagi Pemula

Setelah sampai di pura pasar Agung, kalian bisa langsung memulai pendakian dengan melewati bebatuan yang lumayan terjal dan panjang dengan durasi sekitar 30 hingga 40 menit. Kemudian anda akan tiba di puncak kedua gunung Batur setelah melewati bebatuan terjal, puncak ini lebih dikenal dengan nama Puncak Kanginan oleh masyarakat setempat.

Tips Mendaki Gunung Batur dari Pura Pasar Agung

Perlu anda ketahui, jalur pendakian tidak semudah yang kita bayangkan, karena ada titik pendakian yang memberikan medan yang agak extrim melalui jalur berpasir dan licin. Oleh karena itu, saya sarankan untuk menggunakan sepatu dengan grip yang bagus karena medan bebatuan dan pasir yang akan kalian lalui selama pendakian.

Tongkat sangat membantu dalam pendakinan jika anda memilih pura pasar Agung. Karena tongkat akan menopang tubuh anda dan membuat keseimbangan anda lebih bagus.

2. Jalur Pendakian melalui start point Toya Bungkah

Jika anda memilih toya bungkah sebagai start point pendakian, maka banyak kemudahan yang akan ada dapatkan. Diantaranya; jalurnya lebih pendek dan mudah dengan medan pendakian yang tidak terlalu curam atau terjal. Karena sejak tahun 2017 perhimpunan ojek gunung Batur telah memperbaiki jalur ini.

Start Point Pendakian Gunung Batur

Bahkan sepeda motor dengan cc yang besar dengan mudah bisa melalui jalur pendakian ini sampai ke titik ketinggian 1650 mdpl. Sisanya lagi 15-20 menit perjalanan melalui bebatuan yang tidak begitu terjal. Terdapat 3 titik jalur pendakian yang tersedia di sisi timur gunung Batur, Seperti; titik 50%, titik 80% dan di puncak utama.

Keuntungannya adalah seandainya kalian merasa kelelahan, kalian bisa melihat matahari terbit dari tiga pilihan view point tersebut dan disesuaikan dengan tingkat kebugaran dari kalian sendiri.

Dalam perjalanan pendakian lewat toya bungkah, hampir 60% medan pendakian berada di tengah-tengah pepohonan rindang seperti pohon akasia dan pohon kayu putih serta berbagai jenis pepohonan lainnya. Jadi jika kalian mendaki gunung Batur melewati jalur ini, anda tidak akan merasa gerah / panas saat menuruni gunung Batur.

3. Jalur Pendakian Gunung Batur melalui start point Serongga

Start point Serongga hampir sama persis dengan Jalur Toya Bungkah, namun ada beberapa perbedaannya, seperti; jalan berpasir yang licin, yang harus anda lewati selama 30 menit sebelum mencapai puncak. Karena itu, tenaga extra sangat di butuhkan bila anda mengambil jalur pendakian ini.

Start Point Pendakian Gunung Batur

Hanya terdapat satu View point yaitu di puncak Gunung Batur, jadi mau tidak mau kalian harus fit karena untuk dapat melihat sunrise atau pemandangan yang bagus kalian hanya dapat melihatnya dari puncak saja (1717 mdpl)

Baca Juga hal penting yang harus anda ketahui yaitu; 7 tips mendaki gunung Batur

Start point serongga terletak di sebelah timur toya bungkah sekitar 5 km, jadi anda di sarankan berangkat lebih awal karena lokasi start pointnya lebih jauh dari biasanya.

4. Mendaki melalui start point pendakian Culali / Bukit Mentik

Start point dengan jalur pendakian lewat culali merupakan jalur terpanjang yang ada di kaki gunung Batur. Anda akan membutuhkan waktu lebih lama dari start point pendakian gunung batur lainnya, yaitu; 2,5 – 3 jam hingga mencapai puncak utama.

Jalur pendakian ini tidak kami sarankan jika kalian mendaki disaat gelap karena jalur berpasir dan bebatuan yang akan kalian lewati itu lumayan panjang. Walaupun memiliki jalur terpanjang tetapi start point ini memiliki kelebihan dengan melihat kawah kedua (kawah baru) gunung Batur yang terakhir kali meletus pada tahun 2000.

Nah, itu dia beberapa pilihan jalur pendakian yang bisa anda pilih sebagai start point pendakian gunung batur, sekarang anda bisa menentukan jalur mana yang akan anda pilih. Serambi memilih yang paling mudah, silahkan di review paket mendaki gunung Batur. Layanan ini bisa anda gunakan untuk memudahkan pendakian anda dengan menyediakan layanan pemandu pendakian gratis dengan layanan ramah dan berpengalaman.

22 Maret 2021

Wisata Gratis Pantai Nusa Dua Bali | Paket Tour Bali

22 September 2020

Balaji ATV Adventure Bali | ATV Murah di Bali