News
  • 3 tahun yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Tempat Wisata di Denpasar Kota
Kategori : Objek Wisata Bali - Post View : 147 views
30
Nov 2023

Tempat Wisata di Denpasar Kota

Tempat Wisata di Denpasar Kota yaitu sejumlah objek wisata menarik yang dapat kalian temukan dan kunjungi  di Kota Denpasar. Lalu apa saja  Objek wisata tersebut?. Nah di  Artikel kali ini akan membahas Tempat Wisata di Denpasar.

Denpasar merupakan ibu kota serta pusat pemerintahan dan perekonomian dari provinsi Bali. Dengan perkembangan pariwisata di pulau Bali menjadikan kota Denpasar menjadi pusat kegiatan bisnis.

Nama kota Denpasar berasal dari kata den yang berarti arah utara dan kata pasar. Yang memiliki makna Utara Pasar. Dan asal dari kata tersebut menunjukkan jika asal kota merupakan sebuah kota pasar, yang saat ini terkenal sebagai Pasar Kumbasari.

Dan setelah kemerdekaan Republik Indonesia berdasarkan Undang-undang Nomor 69 Tahun 1958, Denpasar menjadi ibu kota dari pemerintah daerah Kabupaten Badung. elanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor Des.52/2/36-136 tanggal 23 Juni 1960, Denpasar ditetapkan sebagai ibu kota bagi Provinsi Bali yang semula berkedudukan di Singaraja.

Kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 1978, Denpasar resmi menjadi Kota Administratif Denpasar. Dan seiring dengan kemampuan serta potensi wilayahnya dalam menyelenggarakan otonomi daerah, pada tanggal 15 Januari 1992, berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1992.

Selanjutnya Kota Denpasar ditingkatkan statusnya menjadi kotamadya , yang kemudian diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 27 Februari 1992.

Adapun Kota Denpasar berada pada ketinggian 0-75 meter dari permukaan laut dengan luas wilayah Kota Denpasar 127,78 km² . Kota denpasar terbagi atas 4 kecamatan yang terdiri atas 43 kelurahan.

Dan tidak hanya  sebagai Ibu Kota Provinsi Bali dan memiliki sejarah yang cukup panjang  dan menarik untuk mengulas tentang Kota Denpasar. Nyatanya kota Denpasar memiliki sejumlah Objek wisata menarik. Yang menjadikan kota ini  salah satu tujuan berwisata bagi para wisatawan.

Rekomedasi Promo Paket Tour Bali ; Paket Tour 4 hari 3 malam

Berwisata ke Kota Denpasar kalian akan menemukan kawasan kawasan bersejarah, Kawasan Suci serta pantai pantai yang cukup indah yang berada di Kota Denpasar.

Berikut adalah Tempat Wisata Di Kota Denpasar yang dapat kalian kunjungi. Dan bagaimana bila kalian mencoba untuk seharian mengelilingi Kota Denpasar atau sering di kenal dengan istilah city tour.

1. Pantai Sanur

Objek wisata pantai ramah anak di Bali

Tempat Wisata di Denpasar pertama adalah Pantai Sanur berada di Jalan Hang tuah, Desa Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Dan merupakan pantai berpasir putih yang membentang sekitar 8 km.  Yang adalah pantai landai dan dangkal dengan ombak yang tenang.

Dan sepanjang 8 km tersebut berjejer gugusan pantai pantai cantik yang termasuk dalam kawasan pantai sanur seperti Pantai Merta Sari, Semawang, Batu Jimbar,Karang, Segara Ayu, Sindhu
dan Matahari Terbit.

Sejarah akan pantai sanur dan segala keindahan pemandangan alam pantai Sanur tercantum dalam sebuah prasasti Raja Kasari Warmadewa. Dan pada tahun 1906 zaman kolonial Belanda, Pantai Sanur menjadi lokasi pendaratan tentara Belanda yang ingin menyerang Kerajaan Badung saat perang Puputan Badung.

Adapun keindahan Pantai Sanur pertama kali di kenal oleh dunia melalui karya pelukis asal Belgia AJ Le Meyeur. Yang datang ke Bali pada 1932.

Pantai sanur tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan alamnya, adapun keindahan lain dari pantai sanur adalah menikmati suasana matahari terbit yang terlengkapidengan pemandangan perahu traditional di tepi pantai yang berjajar rapi membuat keindahan sempurna.

Ada beragam aktivitas wisata seru yang bisa kalian lakukan di pantai Sanur. Seperti Seawalker Bali, Snorkeling, Scuba diving serta menaiki kano, berjemur, berenang dan bermain pasir.

Di kawasan pantai sanur kalian pun dapat menikmati aktifitas jogging karena terdapat trek jogging yang membentang dari selatan ke utara dan terletak di pinggiran pantai sanur. Dan bahkan terdapat gazebo untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

Dan untuk menunjang aktivitas wisata di Pantai sanur maka sejumlah fasilitas pun telah tersedia di samping terdapat  Jogging trek dan Gazebo di Pantai ini.  Di pantai ini kalian dapat menemukan dengan mudah  Toilet, Tempat nongkrong dan Parkiran.

2. Pulau Serangan

Pulau Serangan berada di Denpasar Selatan, yaitu di antara wisata Tanjung Benoa dan Nusa Dua di selatan, kawasan wisata Sanur di timur laut, dan Pelabuhan Laut Benoa di bagian barat.
Dan dahulu terpisah dari daratan Bali .

Adapun nama dari Pulau Serangan berasal dari kata sira dan angen, yang berarti pulau tersebut membuat siapa pun akan rindu dengan keindahannya.

Dan dahulu masyarakat untuk sampai ke Pulau serangan harus menggunakan perahu dari Tanjung Benoa ke pulau Serangan dan setelah reklamasi tahun 1997 pulau serangan menjadi satu dengan daratan Bali dan di hubungkan dengan jembatan Serangan Sakenan.

Adapun setelah reklamasi pulau serangan yang memiliki luas 101 hektare berubah menjadi 365 hektare. Pulau Serangan memiliki garis pantai sekitar 8 kilometer.

Saat kalian berada di Pulau serangan jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kampung Nelayan Etnis Bugis dan tempat penangkaran penyu.

Dan di pulau Serangan kalian pun dapat melihat keindahan dari Pura Sakenan. Yang merupakan salah satu pura tertua di Bali yang telah ada sejak abad ke-10.

Pulau Serangan memiliki sejumlah pesisir pantai untuk berolahraga air.  Seperti bermain jet sky, berselancar, menyelam, memancing, snorkeling, berenang dengan lumba-lumba atau ikan hiu .

Dan satu hal lagi yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu mencicipi kuliner laut segar khas pulau Serangan.

3. Pasar Seni Kumbasari

Pasar Seni Kumbasari berada di tepi barat Tukad Badung. Dan merupakan bangunan pasar tua yang berada di Kawasan Heritage Gajah Mada. Pasar Kumbasari merupakan pusat grosir yang memasok barang barang kerajinan dengan produk yang sangat bervariasi.

Seperti produk kerajinan kayu, kuningan, cushion, keramik, kaca, rotan dan masih banyak lagi. Dan disini kalian dapat membeli berbagari barang barang kesenian yang berkualitas dengan harga yang lebih murah bila di bandingan di tempat lainnya.

Dan pasar ini merupakan salah satu pasar yang bisa kalian kunjungi untuk membeli oleh oleh khas Bali.

4. Monumen Bajra Sandhi

Paket Tour Denpasar Setengah Hari

Monumen Bajra Sandhi atau Monumen Perjuangan Rakyat Bali merupakan monumen perjuangan rakyat Bali. Yang berada di Sumerta Kelod, Kota Denpasar tepatnya di Jalan Lapangan Puputan Renon.

Adanya monumen ini adalah untuk memberi hormat pada para pahlawan sekaligus lambang pesemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zama.

Dan juga perlambang semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yang mana dapat kalian dari 17 anak tangga yang ada di pintu utama, 8 buah tiang agung di dalam gedung monumen, dan monumen yang memiliki tinggi 45 meter.

Monumen ini memiliki bentuk menyerupai bajra atau genta yang digunakan oleh para Pendeta Hindu dalam mengucapkan Weda (mantra) pada saat upacara keagamaan sehingga memiliki nama Bajra Sandhi.

Monumen ini dibangun pada tahun 1987 yang memiliki tujuan pembangunan untuk mengabadikan jiwa dan semangat perjuangan rakyat Bali. Sekaligus menggali, memelihara, mengembangkan serta melestarikan budaya Bali.

Yang nantinya untuk diwariskan kepada generasi penerus sebagai modal melangkah maju menapak dunia yang semakin sarat dengan tantangan dan hambatan.

Dan sebagai salah satu museum sejarah kalian akan melihat bagaimana sejarah dan budaya dari masyarakat bali dari berbagai peninggalan sejarah yang berada di museum ini.

5. Museum Bali

Museum Bali merupakan museum penyimpanan peninggalan masa lampau manusia dan etnografi seperti peralatan dan perlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan, dan lainnya. Yang menggambarkan kehidupan dan perkembangan kebudayaan Bali pada zaman lampau.

Adapun Bangunan dari museum Bali memiliki gaya arsitektur bangunan khas puri atau kerajaan di Denpasar. Dan terdapat empat paviliun di kompleks museum.

Pada bagian utara terdapat Paviliun Tabanan yang mengoleksi peralatan tari seperti kostum tari, semua jenis topeng untuk tarian topeng, wayang kulit, keris (pedang tradisional Bali) untuk tari Calonarang, dan juga beberapa patung kuno.

Dan terdapat koleksi lainnya seperti biologika, etnografia, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramika, dan seni rupa.

Pada Bagian tengah terdapat Paviliun Buleleng dengan gaya khas Pura di Bali utara yang memiliki koleksi pakaian Bali termasuk kipas tradisional Bali.
Lalu ada Paviliun Badung dengan bale kulkul yang tinggi menjulang.

Yang mana di Paviliun ini kalian dapat melihat peninggalan berupa benda benda peninggalan purbakala . Selama masa berburu dan bercocok taman, periode budidaya, dan periode metalik. Dan terdapat lantai atas di paviliun badung yang mengoleksi seni rupa Bali. Museum Bali berada di jalan Mayor Wisnu.

6. Taman Werdi Budaya Art Center

Tempat Wisata di Denpasar Kota

Taman Werdhi Budaya Art Center merupakan kompleks bangunan budaya dan hiburan. Yang menjadi wadah pelestarian budaya dan pengembangan pusat kesenian di Bali. Serta tempat penyelenggaraan festival tahunan Pesta Kesenian Bali (PKB) pun.

Art Center salah satu destinasi wisata yang sering mendapatkan kunjungan para wisatawan. Dan beragam aktivitas mengenai kebudayaan serta kesenian Bali sering kali di adakan di art center.

Berkunjung ke Art Center kalian  dapat berjalan jalan dan melihat komplek bangunan  di art center. Yang mana memiliki luas sekitar lima hektare dengan gaya arsitektur tradisional Bali. Disini kalian  dapat melihat ukiran ukiran cantik khas Bali pada setiap bangunan.

Dan daya tarik lainnya dari art center adalah adanya taman yang tertata rapi indah serta anak sungai yang mengalir di area taman.

Adapun komplek bangunan di Art Center Denpasar antara lain, Perpustakaan Widya Kusuma di mana tersedia buku-buku tentang sejarah Bali, Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale pepaosan, Studio Patung, Gedung Pameran Mahudara, Gedung Kriya, Wisma Seni dan Wantilan, panggung terbuka Ardha Candra dan panggung tertutup Ksirarnawa.

Art Center berada di Jalan Nusa Indah Denpasar.

7. Museum Le Mayeur

Museum Le Mayeur berada di kawasan objek wisata Pantai Sanur. Museum Le Mayeur menampilkan beragam karya seni lukis karya seniman Adrien Jean Le Mayeur de Merpres atau yang lebih dikenal dengan nama Le Mayeur.

Terdapat sekitar 88 koleksi lukisan yang terbagi dalam berbagai jenis lukisan sesuai dengan media yang dipergunakan seperti dengan media kanvas 28 lukisan, hardboard 25 lukisan, bagor 22 lukisan dan bahkan terdapat media triplek dan kertas yang menandakan pada saat tersebut susah mendapatkan media melukis yaitu pada saat pendudukan Jepang di Indonesia.

Museum Le Mayeur memiliki gaya arsitektur khas Bali. Dengan Tema lukisan bergaya impresionis dan Ni Polok adalah model utamanya, dan tema lainnya berupa ekspresi budaya dan keindahan alam.

8. Museum Sidik Jari

Museum Sidik berada di jalan Hayam Wuruk 175 Tanjung Bungkak. Adapun pemilik Museum Sidik Jari adalah seorang maestro seni lukis bernama Gede Ngurah Rai Pemecutan yang adalah pelopor tekhnik melukis dengan jari .

Museum Sidik Jari menampilkan hasil karya seni lukis dengan teknik melukis yang unik melalui jari telunjuk berupa totol-totolan warna dasar di atas permukaan kanvas, lalu menghasilkan hasil karya seni yang indah dan spektakuler.

Teknik melukis dengan sidik jari ini terjadi secara tidak sengaja pada tanggal 9 Juli 1967. Yang mana berawal pada kekesalan beliau atas kegagalan melukis bertema tari Baris. Yang mana lukisan tersebut tidak kunjung selesai.

Dan beliau berusaha merusak lukisan yang tidak kunjung selesai tersebut dengan menempelkan ujung jari-jemarinya yang berlumuran cat di permukaan kanvas. Dan dari sinilah muncul ide dan inspirasi untuk membuat lukisan dengan ujung jari telunjuk yang tidak lagi menggunakan kuas.

9. Hutan Mangrove

Ekowisata Mangrove Perancak Bali – Daya Tarik, Lokasi dan Tiket Masuk

Hutan Mangrove Bali atau Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai merupakan salah satu Tempat Wisata di Denpasar. Berada di Suwung Kauh, Denpasar. Dan memiliki Luas 1.373 hektare dengan panjang 1,5 kilometer.

Kalian dapat menelusuri hutan mangrove melalui track yang terbuat dari susunan kayu, sehingga kalian bisa mengamati dan mengidentifikasi aneka tanaman bakau yang berada di kiri dan kanan jalur track.

Bila lelah menyusuri track kalian dapat berhenti sejenak pada tower yang berada di tengah hutan mangrove. Dan kalian pun dapat menjadikan tower ini sebagai latar belakang foto. Bahkan di puncak tower kalian dapat menikmati keindahan alam hutan bakau dari ketinggian.

Ada banyak perahu yang bisa kalian sewa untuk berkeliling hutan bakau selama 25-30 menit bahkan kalian dapat melintasi bawah Tol Bali Mandara. Ada setidaknya 16 jenis vegetasi bakau di Hutan Mangrove Bali didominasi Rhizophora, Bruguiera, dan Xylocarpus.

Keberadaannya memberi naungan terhadap satwa air dan darat. Selain itu sekitar 61 jenis burung, empat reptil, 30 jenis Crustacease, dan delapan jenis ikan hidup di dalam hutan mangrove.

10. Big Garden Corner Sanur

Big Garden Corner Sanur Bali

Big Garden Corner Sanur merupakan Spot Instagramable di Denpasar. Seperti namanya, tempat ini menawarkan sebuah kebun yang luas dan menawan. Tidak hanya berisi pepohonan hijau semata, melainkan juga beragam patung bernilai seni. Rasanya akan tepat menyebut Big Garden Corner Sanur sebagai sebuah taman patung. Hal ini mengingat banyaknya patung yang bisa kalian temukan.

Tempat ini sangat cocok  bagi kalian yang menyukai kawasan terbuka maupun karya seni. Beragam patung cantik ditata rapi dan tampak serasi berdampingan dengan pepohonan berukuran sedang hingga tinggi.

Di objek wisata ini juga terdapat miniatur Candi Borobudur setinggi 5 meter, rumah pohon mini, juga jalan setapak dari kayu dan beratap batang pohon menyilang serta jalan setapak dengan payung berbagai warna. Dengan berbagai spot untuk latar berfoto.

11. Desa Budaya Kertalangu

Tempat Wisata di Denpasar Kota

Desa Budaya Kertalangu  merupakan salah satu Tempat Wisata Di Denpasar yang  berada di Denpasar Timur dan merupakan salah satu ikon wisata budaya yang ada di Bali yaitu di jalan utama Denpasar yaitu di jalan By Pass Ngurah Rai.

Memasuki Desa Budaya Kertalangu kalian akan melihat sajian pemandangan alam berupa persawahan dengan perkebunan yang menghijau. Ada hal istimewa yang berada di Desa Budaya Kertalangu yaitu di dalam desa terdapat tugu perdamaian dunia.

Yang dibuat oleh negara-negara independen yang begitu mendukung adanya perdamaian di dunia. Serta memuat 9 simbol agama yang ada di dunia .

Berkunjung ke Desa Kertalangu kalian dapat menyaksikan pementasan seni dan budaya sembari menikmati makanan khas Bali yang berada di sekitar Desa Kertalangu. Adapun Pentas seni yang biasa diselenggarakan sepertiTari kecak, Tari Barong dan Joged Bumbung.

Dan bahkan kalian dapat menemukan kerajinan tangan khas Bali yang beraneka ragam. Itulah ulasan mengenai Tempat Wisata di Denpasar Kota yang dapat kalian kunjungi saat berada di Kota Denpasar. Dan sebagai pintu masuk utama wisatawan dari dalam maupun luar negeri, Denpasar menjadi begitu populer di telinga wisatawan.

Untuk mengunjungi objek wisata ini, Bagi sobat pastinya membutuhkan layanan sewa mobil dengan sopir di Bali, kami Bali Tripon menyedikan Paket Tour Murah di Bali dan berbagai jenis kendaraan mulai dari Avanza, Innova Reborn, Expander, Hiace, Fortuner and Alphard. Semua layanan sewa mobil ditemani oleh sopir yang ramah dan siap bantu ambil photo di setiap tempat wisata.

Dan sampai jumpa lagi pada artikel-artikel selanjutnya mengenai informasi pariwisata terupdate seputar Bali.

7 September 2020

Rental Mobil Dengan Sopir di Bali

14 Mei 2023

Aktivitas Wisata di Nusa Penida yang seru dan hits

27 Desember 2020

Snorkeling Nusa Penida, 5 tempat snorkeling terbaik di Nusa Penida

Bali Tripon

Bali Tripon adalah Perusahaan Operator Tour dan Sewa Mobil dengan Sopir Berpengalaman di Bali. Kami Melayani dengan hati, Dengan Legalitas Perusahaan No :
AHU-0014633-AH.01.14/ 0309220001892.

Phone : 081217205656

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281217205656

Alamat : Jalan Pakisaji, Cenganasari 3 No.50 Kesiman, Bali 20327
Pool/Office : Jl. Nuansa Utama XIX, Blok A No.2, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Metode Pembayaran

Paket Tour Murah Bali