IKUTI
News
  • 6 bulan yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Wisata Pantai Melasti, Keunikan, Sejarah dan Tiket Masuk
Kategori : Objek Wisata Bali - Post View : 46 views
9
Feb 2021

Wisata Pantai Melasti, Keunikan, Sejarah dan Tiket Masuk

Wisata Pantai Melasti, Pesona Laut yang Disebut Pesaing Pantai Pandawa – Bali memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang berpanorama indah. Salah satu wisata andalan di Bali adalah pantai-pantai di bagian selatan pulau tersebut. Jika disebutkan satu persatu, jelas akan sangat banyak nama pantai terkenal di Bali. Pantai-pantai itu juga menjadi tujuan wajib bagi setiap wisatawan yang bertandang ke pulau dewata tersebut.

Di antara pantai-pantai populer di Bali, ada Pantai Melasti yang tak kalah indah. Pantai yang berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung itu sebelumnya berada pada tahap rekonstruksi. Saat ini, proses rekonstruski telah rampung dan membuat kawasan wisata pantai tersebut semakin indah. Inilah hal-hal menarik yang perlu diketahui tentang Pantai Melasti Ungasan.

Wisata Pantai Melasti Berpasir Putih

Selain pemadangannya, pantai selalu memiliki daya tarik tersendiri dari warna pasirnya. Ada pantai dengan pasir hitam yang terdapat di Bali. Sementara beberapa pantai lain di Bali berpasir putih dan menjadi pantai terkenal. Salah satunya adalah Pantai Kuta yang menjadi ikon Bali serta Pantai Petitenget. Ternyata wisata pantai Melasti juga memiliki pasir putih yang tak kalah memesona dari kedua pantai tersebut.

Tidak hanya unik karena pasirnya yang berwarna putih, Pantai Melasti juga sempat membuat banyak orang penasaran. Pasalnya pantai tersebut awalnya adalah pantai tersembunyi yang belum lama ini diketahui. Letaknya yang berada di balik tingginya bukit kapur membuat pantai ini dulunya jarang dijamah. Sampai akhirnya dilakukan rekonstruksi hingga sekarang Pantai Melasti mulai dikenal luas.

Sejarah Nama Pantai Melasti Ungasan

Kebanyakan nama pantai diambil dari nama daerah yang menjadi lokasinya. Beberapa pantai juga diberi nama berdasarkan sejarah tertentu atau kisah masyarakat terdahulu. Sedangkan nama Pantai Melasti diambil dari kebiasaan masyarakat setempat yang kebanyakan beragama Hindu dalam melakukan upacara melasti atau pembersihan.

Melasti merupakan sebutan untuk salah satu jenis upacara adat masyarakat Hindu yang dilakukan sebelum hari raya nyepi. Biasanya lokasi yang di pilih adalah sumber mata air seperti laut, danau dan akan selalu di sesuaikan dengan wilayah tersebut.

Nama Pantai Melasti sebenarnya bukan satu-satunya yang ada di Bali. Nama yang sama juga diberikan pada pantai yang berlokasi di Kabupaten Tabanan, Bali. Kemudian untuk membuat kedua pantai tersebut terdengar berbeda, kawasan wisata Pantai Melasti di Ungasan itu lebih sering disebut Pantai Melasti Ungasan. Sementara Pantai Melasti yang lain sering disebut Pantai Melasti Tabanan.

Keunikan dan Daya Tarik

Wisata Pantai Melasti, Keunikan, Sejarah dan Tiket Masuk

Setiap pantai di Bali memiliki keunikan tersendiri dengan ciri khas yang di milikinya membuat pantai ini sangat cocok untuk tujuan wisata favorit saat ini, di bawah ini adalah ke unikan yang bisa anda temukan

1. Disebut Pesaing Pantai Pandawa

Nama Pantai Pandawa sudah cukup akrab di kalangan wisatawan dalam maupun luar negeri. Ternyata awalnya Pantai Pandawa juga termasuk pantai yang tersembunyi. Pantai tersebut juga berada di balik bukit. Setelah dilakukan pembukaan jalan yang membelah bukit, barulah banyak wisatawan mulai berdatangan ke Pantai Pandawa. Bahkan pantai tersebut selalu ramai pengunjug terutama ketika masa liburan.

Memiliki banyak kesamaan dengan Pantai Pandawa, Pantai Melasti disebut sebagai pantai baru yang menjadi pesaing Pantai Pandawa. Awal mula dikenalnya kedua pantai tersebut sama. Pantai Melasti kini menjadi alternatif destinasi wisata jika Pantai Pandawa terlalu sesak oleh pengunjung. Dengan pemandangan yang juga hampir sama, wisata Pantai Melasti bisa mendatangkan pengalaman liburan yang tak kalah seru.

2. Akses Jalan yang Menantang Adrenalin

Seperti dikatakan bahwa Pantai Melasti awalnya berada di balik bukit yang menjulang tinggi. Proses rekonstruksi yang dilakukan dengan membelah bukit tersebut kini sudah bisa dijadikan akses untuk menuju ke pantai tersebut. Dengan lokasi yang demikian, tidak heran kalau Pantai Melasti bisa ditempuh dengan akses jalan yang berliku, menurun hingga menanjak. Inilah yang menjadi tantangan bagi adrenalin saat perjalanan menuju Pantai Melasti.

Wisata Pantai Melasti, Keunikan, Sejarah dan Tiket Masuk

Akses jalan yang memicu adrenalin tidak seharusnya menjadi alasan untuk enggan berkunjung ke Pantai Melasti. Jalanan menuju pantai tersebut sudah dilengkapi dengan jenis aspal yang tebal dan halus. Selain itu, jalanan beraspal itu juga cukup lebar sehingga membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Baik dengan menggunakan motor maupun mobil, dijamin pengunjung bisa sampai di kawasan wisata Pantai Melasti tanpa kesulitan.

3. Aktivitas Favorit adalah Foto Prawedding

Keindahan pemandangan Pantai Melasti sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk pengambilan foto prewedding. Bukan tanpa alasan mengapa pantai ini menjadi lokasi foto prewedding favorit. Selain pemandangannya yang memesona, ada banyak pilihan spot foto yang ada di pantai ini. Foto prewedding para calon pengantin bisa berlatar tebing atau berlatar pantai dan laut.

Siapa saja yang ingin melakukan sesi foto prewedding di Pantai Melasti harus membayar sejumlah biaya tertentu untuk menggunakan lokasi tersebut. Biaya yang dikeluarkan tersebut sebanding dengan fasilitas yang didapatkan pasangan pengantin dan kru fotografi, seperti ruang makeup khusus dan toilet tersendiri. Berfoto di kawasan wisata Pantai Melasti dijamin akan membuat momen prewedding menjadi lebih berkesan.

Sarana atau Fasilitas di pantai melasti

Meskipun termasuk kawasan wisata baru di Bali, Pantai Melasti ternyata sudah memiliki sarana dan fasilitas yang lumayan lengkap. Fasilitas seperti toilet, tempat mencuci kaki dan ruang untuk berganti pakaian sudah terdapat pada area pinggir pantai. Fasilitas tersebut pun sudah sangat bagus dan bersih. Untuk tarif memakai toilet, saat ini pengelola masih menerima berapa saja yang diberikan pengunjung alias belum ada tarif khusus yang diterapkan.

Untuk fasilitas kuliner, di kawasan wisata Pantai Melasti belum banyak rumah makan atau sejenisnya. Hanya ada beberapa dan sebagian masih berupa toko yang menjual berbagai makanan serta minuman ringan. Oleh karena itu, sebaiknya pengunjung membawa makanan dan minuman sendiri. Pilihan tempat kuliner di pantai ini diperkirakan akan semakin banyak nantinya.

Prewedding di Melasti Beach

prewedding poto by simakterus.com

Fasilitas lain di kawasan Pantai Melasti masih dalam tahap rencana pengembangan. Seperti salah satunya rencana untuk pengadaan fasilitas yang mendukung aktivitas di laut, semisal jetski dan banana boat. Meski begitu, pengunjung sudah bisa beraktivitas lain seperti berenang dan snorkeling. Kedua aktivitas tersebut cukup aman lantaran Pantai Melasti memiliki ombak yang tenang dan air yang jernih.

Area Parkir Luas

Begitu memasuki kawasan wisata pantai, pengunjung langsung bisa menemukan area parkir. Bukan hal sulit untuk mengakses area parkir Pantai Melasti karena areanya yang sangat luas. Pengunjung bebas memilih area parkir yang dikehendaki. Bahkan pengunjung masih bisa leluasa berpindah tempat parkir agar semakin mudah mengakses fasilitas tertentu. Area parkir yang sangat luas ini salah satu yang membuat pengunjung nyaman.

Pengelola kawasan wisata Pantai Melasti sengaja membuat area parkir yang sangat luas. Hal ini bertujuan untuk memberikan fasilitas maksimal kepada para pengunjung. Selain itu, area parkir yang sangat luas juga merupakan bentuk persiapan ketika kawasan wisata tersebut nantinya akan lebih terkenal. Tentu saja pengunjung yang datang akan semakin banyak setiap harinya dan tidak hanya pada masa liburan saja.

Termasuk destinasi wisata baru yang namanya belum sepopuler pantai lain, namun Pantai Melasti cukup menarik untuk dikunjungi. Pemandangannya yang begitu indah berpadu sempurna dengan fasilitas yang disediakan. Pengunjung dijamin bisa merasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan di kawasan wisata Pantai Melasti.

Harga Tiket Masuk Tempat Wisata Pantai Melasti

Wisata Pantai Melasti, Keunikan, Sejarah dan Tiket Masuk

Bila anda ingin memasuki objek wisata pantai Melasti Ungasan ini, anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Mengapa ada biaya tiket? Karena uang yang anda bayar sebagai biaya tiket masuk akan digunakan untuk biaya pembangunan, perawatan serta untuk menjaga kebersihan area pantai.

Lalu seberapa besar uang yang di butuhkan untuk membayar tiket masuk pantai Melasti Ungasan Bali? Berikut ini harga tiket masuk pantai Melasti Ungasan serta biaya parkir kendaraan.

KATEGORIHARGA TIKET
Tiket Masuk Anak-anak3.000/ orang
Tiket Masuk Dewasa8.000/ orang
Parkir Mobil5.000/ mobil
Parkir Sepeda Motor2.000/ mobil

Pilihan Transportasi Menuju Lokasi Pantai

Untuk mengunjungi tempat wisata ini anda bisa menggunakan berbagai jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor, taxi, atau menggunakan kendaraan pribadi dengan sopir sendiri. Bila anda datang untuk berlibur di Bali menggunakan layanan sewa mobil atau motor adalah pilihan transportasi menuju pantai melasti. Gunakan atau ikuti petunjuk google map untuk lokasi pantai ini.

Apabila anda baru pertama kali mengunjungi pantai ini, kami sarankan mencari jasa sewa mobil dengan sopir dan bbm Bali,  karena jalanan menuju pantai berliku-liku dengan kemiringan jalan curam.

9 September 2020

Transportasi dari Bandara Ngurah Rai ke Terminal Mengwi

17 Februari 2021

6 Spot Foto Wisata Selfie Puncak Wanagiri yang Instagramable