IKUTI
News
  • 3 tahun yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali | Lokasi dan Harga Ticket
Kategori : Objek Wisata Bali - Post View : 640 views
13
Mei 2020

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali | Lokasi dan Harga Ticket

Air Terjun Tegenungan Sukawati Gianyar Bali merupakan salah satu objek wisata di daerah Ubud. Terletak 30 km dari kota Denpasar di desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia. Air terjun ini memiliki ketinggian 15 meter.

Meski tidak terlalu tinggi, debit airnya sangat deras. Airnya juga bersih dan jernih dan cocok untuk Anda yang hanya ingin bermain air atau mandi. Anda juga dapat melihat kuil dan pancuran air kecil (pancoran) yang berasal dari mata air. Air terjun ini berasal dari Sungai Petanu. Tempat ini sering digunakan untuk melakukan hal-hal ekstrem, seperti melompat dari atas air terjun.

Mari cek informasi lebih lanjut tentang objek wisata air terjun Tegenungan Gianyar Bali tentang Lokasi air terjun, Daya Tarik air terjun, Harga tiket masuk & tempat parkir, Cara Terbaik menuju lokasi air terjun. Serta tips saat berkunjung.

Lokasi Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Tempat ( objek ) wisata air terjun Tegenungan Gianyar juga memiliki nama lain yaitu air terjun Kemenuh. Karena berada di desa Kemenuh kabupaten Gianyar dan merupakan wilayah Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Jika dilihat dari peta, maka lokasi air terjun Tegenungan adalah lokasi air terjun yang terdekat dengan Bali Selatan. Sebagian besar air terjun di Bali berlokasi di daerah pengunungan atau daerah yang memiliki dataran tinggi. Tetapi air terjun Tegenungan, satu-satunya yang berada di dataran rendah.

Jika anda menginap di kawasan wisata Ubud, untuk mencapai lokasi dari air terjun Kemenuh akan menumpuh jarak 10 kilomter. Dan 35km jika anda dari areal Kuta. Dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 90 menit, tentunya jalan dalam kondisi normal atau tidak macet.

Karena Lokasi air terjun tidak berada di tepi jalan. Untuk menuju atau menemukan lokasi dari air terjun Kemenuh, anda perlu menuruni anak tangga yang jumlahnya ratusan dari tempat parkir, sampai anda menemukan bibir sungai Petanu.

Rasa capek tidak akan terasa pada saat anda menuruni ratusan anak tangga. Tetapi itu akan terasa pada saat anda anda harus kembali ke tempat parkir kendaraan. Karena anda harus menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan.

Di sinilah ketahanan stamina anda di uji. Jadi jika anda kurang kuat untuk menaiki anak tangga, kami tidak sarankan anda untuk mengunjungi tempat wisata air terjun ini.

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan

Setelah sampai di lokasi parkiran anda perlu melakukan jalan kaki menuju air terjun tegenungan. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, anda akan melihat banyak toko-toko kecil yang menjual sovenir untuk oleh-oleh. Sebelum anda menuruni anak tangga, anda sudah dapat melihat pemandangan air terjun yang di apit oleh pepohonan rindang.

Air Terjun Tegenungan Sukawati Gianyar

Air terjun Tegenungan, memiliki tinggi kira-kira 4 meter, tapi memiliki debit air yang lumayan banyak. Debit air terjun akan sangat besar pada saat musim hujan, yaitu sekitar bulan September sampai Februari.

Di dasar air terjun anda akan dapat menemukan area kecil seperti kolam. Air di dalam kolam sangat jernih dan cocok buat anda yang sekedar ingin bermain air atau mandi.

Namun saat musim hujan, disarankan anda tidak mencoba mandi, karena debit air sangat besar. Selain dapat melihat pemandangan air terjun, di lokasi air terjun ini, anda juga dapat melihat pura dan pancoran air yang berasal dari mata air alami.

Harga Tiket Masuk & Tempat Parkir

Untuk saat ini penataan objek wisata air terjun Tegenungan sudah diambil alih oleh pihak desa setempat. Dengan tempat parkir yang luas dan rapi akan membuat pengunjung lebih nyaman. Selain parkir yang luas areal air terjun tegenungan sudah memiliki fasilitas yang lengkap seperti warung-warung penjual makanan dan minuman, toko kecil yang khusus menjual suvenir dan toilet.

Namun untuk membiayai perawatan tempat wisata, saat ini setiap pengujung akan di kenakan tiket masuk objek wisata. Untuk tiket masuk anda akan dikenakan biaya Rp 20.000 / orang. Dengan adanya biaya tiket masuk, objek wisata air terjun alami Tegenungan terus melakukan pembenahaan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung.

Cara Terbaik menuju lokasi air terjun

Sampai sekarang di kawasan wisata air terjun Tegenungan Gianyar Bali tidak ada sarana transfortasi umum, jadi anda harus membawa kendaraan sendiri. Tetapi bagi anda yang tidak terbiasa mengemudi di jalanan yang agak rusak dan kecil, maka kami sarankan anda untuk mencari jasa sewa mobil di Bali dengan supir.

Selain sewa mobil dengan sopir kami juga menyediakan Paket tour Sehari di Bali Murah dengan memasukkan tempat-tempat wisata terbaik dan terpopular salah satunya Air Terjun Tegenungan Sukawati Gianyar Bali . Silahkan di pilih paket tour sehari Bali dan sesuaikan dengan minat anda.

Tips Berwisata ke Air Terjun Tegenungan

Bagi sobat yang ingin mengawali perjalanan wisatanya ke Air Terjun Tegenungan untuk melihat semua keindahan alam disekitarnya adalah sebuah pengalaman yang menyengkan. Nah untuk memastikan semua berjalan dengan aman dan lancar, berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan, diantranya;

Menentukan waktu berkunjung: memilih waktu yang tepat adalah hal penting yaitu musim kemarau yang terjadi pada bulan April hingga September. Karena air akan lebih jernih saat musim kemarau. Sedagkan berkunjung pada pagi dan sore hari air terjun tegenungan akan menawarkan daya tarik yang berbeda.

Hal Penting: lokasinya bukan di pusat kota, ini berada di pedesaan jadi bawalah tabir surya, cream nyamuk, topi, kacamata hitam agar tidak silau dan alas kaki yang nyaman untuk berjalan.

Hidrasi dan Makanan Ringan: Bawalah sebotol air mineral agar terhindar dari dehidrasi. Selain itu, makanan ringan juga penting untuk menambah energi Anda selama menjelajahi seputaran air terjun.

Hormati Adat Istiadat Setempat: Saat berinteraksi dengan penduduk setempat atau mengunjungi kuil, berpakaian sopan dan hormati adat istiadat dan tradisi setempat.

Pemandu Wisata: Pertimbangkan untuk menggunakan layanan paket tour untuk mendapatkan wawasan dan kenyamanan. Paket tour dari Bali Tripon menawarkan banyak pilihan jadwal yang akan meningkatkan pemahaman Anda tentang air terjun.

Mengabadikan Momen: Bawa kamera atau ponsel cerdas Anda untuk mengabadikan keindahan Air Terjun Tegenungan dan sekitarnya. Jangan lupa juga meluangkan waktu untuk mengapresiasi pemandangan tanpa lensa.

Uang Tunai: Bawalah uang cash saat berkunjung karena di areal ini tidak ada mesin ATM dan pembayaran dengan kartu kredit yang tersedia di toko-toko besar maupun resto. Jadi uang kecil sangat dibutuhkan untuk mebayar tiket masuk dan membeli makanan.

Jangan Buang sampah sembarangan: Jagalah linkungan atau area air terjun tegenungan agar tetap bersih dengan membuang sampah pada tempat sampah yang sudah di sediakan.

Cari informasi terlebih dahulu: Jangan lupa untuk mencari informasi terbaru tentang tiket masuk, jam buka, dan detail lainnya sebelum kunjungan Anda untuk memastikan semua berjalan lancar

Nah itu dia beberapa tips berkunjung ke Air Terjun Tegenungan, mari persiapkan perjalanan yang menyenangkan ke Air Terjun Tegenungan dan kekayaan alam di sekitarnya. Pulau Bali memiliki banyak keindahaan yang patut anda jelajahi, semoga perjalanan wisata anda dipenuhi dengan penemuan, koneksi, dan kenangan berharga.

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali

Pertanyaan Tentang Air Terjun Tegenungan

Apa sih daya tarik Air Terjun Tegenungan hingga Populer?

Ini merupakan salah satu keajaiban alam di Bali, Indonesia yang menakjubkan. Air terjunnya terletak di kawasan alam yang subur dan asri, sehingga air terjun tegenungan selalu menjadi tujuan wisata populer saat berwisata ke Ubud dan kintamani.

Hal menarik di Air Terjun Tegenungan?

Hal menarik tentunya air terjun, namun anda juga bisa menyusuri jalan setapak yang indah, berinteraksi dengan masyarakat lokal, melihat-lihat barang-barang seni Bali di seputaran parkir air terjun tegenungan. Kemudian menikmati kuliner lokal, dan mengabadikan keindahan alam yang Instagramable.

Kelihatan menyegarkan, Bolehkah saya berenang di Air Terjun Tegenungan?

Tentu saja boleh, Air Terjun Tegenungan memiliki kolam dibawahnya yang bisa digunakan untuk mandi dengan air yang jernih. Namun perlu berhati-hati, jangan berenang di Bawah air yang jatuh karena sangat dalam dan pusaran airnya deras dengan lubang seperti botol di bawahnya. Ini bisa menyeret anda untuk masuk kedalamnya.

Saya seorang photographer, apakah fotographer diperbolehkan di Air Terjun Tegenungan?

Tentu saja boleh! Air Terjun Tegenungan merupakan surganya para fotografer. Anda boleh mengabadikan keindahan air terjun melalui lensa kamera Anda tanpa biaya tambahan. Mulailah membidik sudut lebar hingga close-up yang rumit agar mendapatkan hasil yang mengagumkan

Fasilitas apa saja yang ada di Air Terjun Tegenungan?

Tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap seperti toilet, kafe kecil, dan kios yang menjual makanan ringan dan suvenir. Kawasan yang terawat dengan baik menjamin kunjungan yang nyaman dan menyenangkan.

Bagaimana cara menuju Air Terjun Tegenungan dari kuta atau bandara Ngurah Rai?

Dari Kuta atau Bandara Ngurah Rai, Anda dapat dengan mudah mengakses Air Terjun Tegenungan dengan mobil atau sepeda motor. Sobat juga dapat memilih paket tour ubud kintamani dengan transportasi yang nyaman dan sopir lokal.

Berapa harga tiket masuk Air Terjun Tegenungan terbaru?

Hampir setiap hari kami mengantar pelaggan ke air terjun, harga tiket masuk terbaru 2023, adalah Rp 25.000 untuk dewasa, dan 15.000 untuk anak-anak. Selain itu, ada biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Apakah Air Terjun Tegenungan layak untuk dikunjungi?

Tentu saja. Air Terjun Tegenungan patut dikunjungi karena keindahan alamnya yang menawan, lingkungan sekitar yang tenang, dan kesempatan untuk berenang di kolamnya yang mengundang. Menawarkan perpaduan unik antara petualangan, relaksasi, dan pengayaan budaya, menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi di Bali.

Apa yang membuat Air Terjun Tegenungan istimewa?

Air Terjun Tegenungan terkenal dengan air terjun menawan yang mengalir ke kolam yang tenang, dikelilingi tanaman hijau subur. Aksesibilitasnya dari kawasan populer seperti Ubud menjadikannya destinasi yang wajib dikunjungi.

Kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Tegenungan?

Musim kemarau yang terjadi pada bulan April hingga September. Karena air akan lebih jernih saat musim kemarau. Sedagkan berkunjung pada pagi dan sore hari air terjun tegenungan akan menawarkan daya tarik yang berbeda.

Bagaimana sejarah Air Terjun Tegenungan?

Air Terjun Tegenungan memiliki sejarah panjang yang telah menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan nama “Tegenungan” berasal dari kata “tegen” yang berarti “mengembung” dan “nungan” yang berarti “batu”. Nama ini merujuk pada karakteristik air terjun ini, di mana air mengalir dengan kuat dan menghantam batu-batu besar di dasar sungai.

Sebagai salah satu situs alam yang penting di Bali, Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali juga memiliki nilai spiritual. Lokasi ini sering digunakan oleh penduduk setempat untuk upacara keagamaan, seperti penyucian diri dan ritual-ritual lainnya.

Apakah ada fasilitas ganti baju di air terjun?

Kawasan Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali secara langsung tidak ada ruang ganti mungkin, beberapa resto dan kios terdekat menyewakan fasilitas ini. Jadi jangan lupa untuk memakai pakaian renang yang sesuai di balik pakaian Anda jika Anda berencana untuk berenang.

Apakah Air Terjun Tegenungan cocok untuk keluarga dengan anak-anak?

Ya, Air Terjun Tegenungan cocok untuk keluarga. Anak-anak dapat menikmati kolam renang yang menyegarkan, dan suasana tenang memberikan lingkungan yang santai. Namun, selalu awasi anak-anak saat berada di dekat air demi keselamatan.

Saat Musim Hujan, apakah boleh mengunjungi Air Terjun Tegenungan?

Saya menyarankan untuk datang saat musim kemarau, namun bila sobat berada di Bali saat musim hujan berkunjung ke Air terjun tegenungan tetap bisa, namun airnya akan kelihatan keruh dan aliranya lebih deras. Seehingga lebih dramatis.

Apakah ada transportasi umum menuju air terjun tegenungan?

Rata-rata tempat wisata di Bali berada jauh dari pusat kota, jadi transportasi Umum tidak ada yang langsung menuju Air Terjun tegenungan Gianyar Bali. Sebaiknya gunakan mobil pribadi atau sepeda motor. Untuk layanan sewa mobil di Bali anda bisa menggunakan Bali Tripon.

Bolehkah saya membawa makanan dan minuman sendiri ke Air Terjun Tegenungan?

Makan ringan dan minuman bisa anda bawa untuk dinikmati selama kunjungan Anda. Namun tetap berhati-hati dalam membuang sampah dengan benar dan menjaga kebersihan area.

Apakah Air Terjun Tegenungan dapat diakses kursi roda?

Tidak bisa, untuk mencapai titik air terjun tegenungan sobat harus menuruni ratusan anak tangga. Jadi bila menggunakan kursi roda tentunya akan kesulitan. Namun pengguna kursi roda masih bisa melihat pemandangan air terjundari dekat cafe atau toko-toko suvenir.

18 Desember 2023

Tempat Wisata Di Gianyar yang wajib dikunjungi saat di Bali

18 Juli 2022

Pura Tirta Empul Tampak Siring Daya Tarik, Lokasi & Tiket Masuk

16 Desember 2022

Air Terjun Nungnung, Lokasi dan waktu terbaik berkunjung

Bali Tripon

Bali Tripon adalah Perusahaan Operator Tour dan Sewa Mobil dengan Sopir Berpengalaman di Bali. Kami Melayani dengan hati, Dengan Legalitas Perusahaan No :
AHU-0014633-AH.01.14/ 0309220001892.

Phone : 081217205656

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281217205656

Alamat : Jalan Pakisaji, Cenganasari 3 No.50 Kesiman, Bali 20327
Pool/Office : Jl. Nuansa Utama XIX, Blok A No.2, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Metode Pembayaran

Paket Tour Murah Bali