IKUTI
News
  • 3 tahun yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Destinasi Wisata Air Terjun Bali Barat
Kategori : Objek Wisata Bali - Post View : 148 views
20
Jun 2023

Destinasi Wisata Air Terjun Bali Barat

Halo sobat traveler, sebelumnya kita telah membahas Destinasi wisata Pantai Bali barat. Dan waktunya untuk kita mengetahui Destinasi Wisata Air Terjun Bali Barat.

Pada artikel ini kita kan membahas mengenai destinasi wisata air terjun Bali Barat yang berada di Kabupaten Jembrana. Yang merupakan kabupaten yang terletak di ujung barat pulau Bali.

Kabupaten Jembrana sebenarnya memiliki banyak destinasi wisata alam yang memiliki panorama alam yang benar-benar menakjubkan.

Dari objek wisata pantai, perbukitan , air terjun yang indah dan juga wisata budaya dan kesenian khas Kabupaten Jembrana.

Bahkan di sepanjang jalan pada setiap kecamatan di Kabupaten Jembrana kalian akan melihat hamparan sawah yang berlatar pegunungan di sebelah utara.

Dan juga kalian akan melihat hamparan laut di sebelah selatan. Dan sungguh pemandangan yang indah bukan?

Sobat Traveler yang pernah berkunjung ke Kabupaten ini tentunya sudah tidak asing lagi dengan beberapa tempat -tempat wisata yang berada di Kabupaten Jembrana.

Mungkin sebagian dari kalian mengunjungi dan berwisata ke beberapa objek wisata yang berada di Kabupaten Jembrana atas rekomendasi teman-teman.

Atau pun mungkin kalian mendapatkan beberapa rekomendasi tempat wisata dari berselancar di dunia Maya.

Sebagaimana halnya seperti objek -objek wisata yang terkenal dari kabupaten lainnya yang berada di Bali. Kabupaten Jembrana juga memiliki keindahan alam dan budaya yang tidak kalah menarik.

Kabupaten Jembrana memiliki luas sekitar 842 km persegi dan suhu udara berkisar di antara 19 hingga 32 derajat celcius.

Untuk mencapai Kabupaten Jembrana dari pusat kota Denpasar di perlukan waktu kurang lebih sekitar 3 jam.

Sebagai kabupaten yang terletak di ujung barat Pulau Bali, maka kalian akan menemukan Pelabuhan Gilimanuk yang merupakan pintu keluar masuk Pulau Bali yang terletak di Barat.

Secara topografi, Kabupaten Jembrana merupakan daerah yang berupa pegunungan pada bagian Utara, dan berupa daerah pesisir pada bagian selatan.

Dan ini dia beberapa objek wisata air terjun yang berada di Kabupaten Jembrana.

Destinasi Wisata Air Terjun Bali Barat

Bila Sobat Traveler sudah berwisata ke beberapa objek air terjun yang berada di Kabupaten lainnya yang berada di Bali, Maka kalian harus mencoba untuk mengunjugi wisata air terjun yang berada di Kabupaten Jembarana.

Sehingga Sobat Traveler akan dapat melihat pemandangan alam dan sensasi kesejukan air terjun yang berbeda dari Kabupaten Jembrana.

Sobat Traveler akan menemukan keunikan tersendiri dari wisata air terjun yang berada di Kabupaten Jembarana. Dari mulai Rute menuju ke Air Terjun, hingga pemandangan Hutan yang berada di sekitar air terjun.

Bagi Sobat Traveler yang menyukai petualangan di alam bebas, Sepertinya kalian harus menyiapkan stamina dan mulai merencanakan berwisata ke Kabupaten Jembarana. dan Yupsss Petualangan bisa kalian mulai.

1. Air Terjun Juwuk Manis

Destinasi Wisata Air Terjun Bali Barat

Air terjun ini berada di Dusun Juwuk Manggis, Desa Manggis Sari Kecamatan Pekutatan, kabupaten Jembrana. Untuk mencapai air terjun ini kalian akan menuruni ratusan anak tangga sepanjang 1 km.

Lokasi air terjun ini berada di pertengahan perkebunan penduduk.

Sehingga selama menuruni anak tangga kalian akan melihat perbukitan yang menghijau beserta perkebunan penduduk yang berada di sepanjang jalan menuju Air terjun Juwuk manis.

Adapun sepanjang perjalanan anda akan mencium aroma bunga kopi dan cengkeh yang memang banyak di budidayakan oleh penduduk setempat.

Selain itu Sobat Traveler akan melihat pbanyak pohon pisang dan pohon kelapa serta tanaman tropis lainnya

Air terjun Juwuk Manis merupakan air terjun kembar yang memiliki ketinggian sekitar 4 km. Dan debit air yang cukup deras.

Di bawah Air terjun Sobat traveler dapat mandi maupun berendam, pada kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun.

Perlu kalian ingat bahwa di kawasan air terjun ini terdapat sebuah Pura yang menjadi kawasan suci Umat Hindu. Oleh karena itu sebelum sobat traveler menikmati kesegaran air terjun.

Alangkah baiknya bila sobat traveler memperhatikan peraturan untuk memasuki objek wisata air terjun.

2. Air Terjun Yeh Mesee (Mesehe)

Destinasi Wisata Air Terjun Bali Barat

Air terjun ini merupakan  air terjun tertinggi di pulau Bali. Memiliki ketinggian sekitar 100 meter, dan berada di tengah hutan gunung mesehe.

Untuk melihat bagian atas air terjun sangatlah sulit karena ketingian yang dimiliki oleh air terjun serta seringnya kabut yang berada pada sisi atas air terjun.

Air Terjun yeh mesee (Mesehe) berada di Desa Pohsanten, Kecamatan Mendoyo.

Dan untuk sampai pada lokasi air terjun ini sobat traveler harus memiliki stamina yang bagus karena perjalanan yang kalian lakukan adalah mendaki gunung untuk menembus hutan belantara gunung mesehe.

Diperlukan waktu sekitar 5  jam untuk sampai pada air terjun ini, karena sobat traveler harus melakukan treeking dan pendakian gunung mesehe terlebih dahulu.

Adapun debit air terjun gunung mesehe terbilang tidak terlalu deras pada musim kemarau, tetapi bila musim hujan tiba, maka debit air sangatlah deras dan besar.

Dan kalian akan dapat melihat siluet air terjun dari jalan raya Denpasar – Gilimanuk.

Apakah sobat travler tertarik untuk menjelajahi hutan belantara gunung mesehe dan menemukan air terjun ini?

3. Air Terjun Batu Belah Dewasana

Destinasi Wisata Air Terjun Bali Barat

Air terjun ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan Objek Wisata Puncak Mawar Dewasana. Yaitu terletak di Dusun Dewasana, Kelurahan Pendem kecamatan Jembrana.

Dan air terjun ini berada di tengah perkebunan milik penduduk setempat.

Untuk sampai ke lokasi air terjun sobat traveler harus menempuh jarak sekitar 200 meter dari jalan utama.

Air terjun ini berasal dari aliran air yang berada diantara batu besar yang terbelah, sehingga disebut dengan Air Terjun Batu Belah.

Di area sekitar air terjun ini sobat traveler akan menemukan tebing- tebing batu dan bebatuan yang berukuran besar. Yang mana membentuk dinding batu pada aliran air terjun.

Sehingga membentuk sebuah kolam alami.Kalian dapat melompat turun melalui bebatuanyang ada di skeitar kolam air terjun.

4. Air Terjun Yeh Buah

Air Terjun di Bali Barat

Air terjun ini berada di Banjar Yeh Buah, Desa Yeh Embang Kauh , Kecamatan Mendoyo. Dan memiliki tinggi  sekitar 10 meter.

Debit air terjun ini tidak terlalu besar pada musim kemarau dan sebaliknya pada musim hujan debit air sangatlah deras.

Air terjun ini menjadi unik berkat tebing yang menjadi lintasan aliran air. Tebing tersebut memiliki karakteristik unik seperti bebatuan yang berlapis -lapis.

Selain itu sobat traveler akan menemukan kolam alami yang dangkal yang dapat kalian pergunakan untuk berenang dan berendam  di bawah aliran air terjun.

Dan air terjun ini berada di tengah perkebunan penduduk

5. Air Terjun Toya Amertha Bukit Blulang.

air terjun di Bali Barat

Air terjun ini terletak di Bukit Belulang yang berada desa Manis Tutu, Kecamatan Melaya. Dan  memiliki ketinggian 90 meter dan berada di tengah hutan bukit belulang.

Objek wisata ini sering juga disebut dengan objek wisata air terjun Toya Amertha Bukit Blulang.

Debit Air terjun manis tutu sangatlah besar saat musim hujan dan memiliki debit air yang normal saat musim kemarau.

Objek wisata ini berdekatan dengan Ojek wisata Bendungan Benel dan sebuah kawasan suci yang berada di tengah Hutan bernama Pura Pagubungan yang berada di desa manis tutu.

6. Air Terjun Kayangan Sawe (Air Terjun Bidadari)

Air terjun ini mengalir dari celah -celah batu besar yang berada di sepanjang aliran sungai. Dan di bawahnya terdapat cekungan yang berbentuk kolam dengan tebing batu sebagai dindingnya.

Sobat traveler yang gemar melakukan lompatan ke dalam air , kalian dapat melompat dari atas bebatuan. dan menikmati kesegaran air terjun ini.

Selain itu pemandangan yang berada di sekitar air terjun cukup indah , karena kalian akan melihat persawahan penduduk setempat.

Adapun Air terjun ini terletak di jalan sawe rangsasa, dauh waru, kecamatan Jembrana,kabupaten Jembrana.

Jadi itulah beberapa ulasan mengenai wisata air terjun yang berada di Kabupaten Jembrana, nah Bagi Sobat traveler yang ingin mencoba berwisata ke Kabupaten Jembrana.

Kalian tidak usah khawatir karena Kabupaten Jembrana memiliki begitu banyak tempat -tempat wisata yang akan kita bahas satu per satu dalam artikel selanjutnya.

Membaca dari ulasan yang kami berikan, sudahkah sobat traveler mendapatkan gambaran tentang wisata air terjun yang berada di Kabupaten Jembrana.

Apakah semakin membuat kalian tertarik untuk mendatangi Kabupaten Jembrana. Serta jangan lupa untuk selalu menggunakan layanan sewa mobil dengan sopir di Bali bersama bali tripon jika ingin menjelajahi keindahan tempat wisata di jembrana selama kalian berwisata ke Bali.

6 Februari 2024

Paket Bali ATV dan Ubud Tour

10 April 2021

Taman Asta Gangga Sidemen, One Stop Recreation di Bali

28 Mei 2021

Simak 10 Tempat Wisata di Nusa Penida Bali dengan View Keren

Bali Tripon

Bali Tripon adalah Perusahaan Operator Tour dan Sewa Mobil dengan Sopir Berpengalaman di Bali. Kami Melayani dengan hati, Dengan Legalitas Perusahaan No :
AHU-0014633-AH.01.14/ 0309220001892.

Phone : 081217205656

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281217205656

Alamat : Jalan Pakisaji, Cenganasari 3 No.50 Kesiman, Bali 20327
Pool/Office : Jl. Nuansa Utama XIX, Blok A No.2, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Metode Pembayaran

Paket Tour Murah Bali