IKUTI
News
  • 7 bulan yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide, Apakah Bisa?
Kategori : Bali Trekking - Post View : 81 views
26
Mar 2021

Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide, Apakah Bisa?

Hello sobat pendaki, kali ini saya ingin menberikan sedikit penjelasan tentang mendaki Gunung Batur Tanpa Guide. Sesuai dengan pertanyaan teman-teman sebelumnya. Apakah bisa mendaki gunung batur kintamani Bali tanpa guide atau pemandu trekking?.

Karena itu, dengan artikel ini saya ingin menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan, bila menggunakan layanan guide atau tidak. Mendaki gunung batur menjadi aktivitas favorit bagi wisatawan mancanegara maupun domestik. Karena mendaki gunung batur kintamani bali sangat cocok bagi pemula dengan ketinggian 1.717m dari permukaan laut.

Dengan alasan ini, dan berpikir bahwa mendaki gunung batur sangat mudah, beberapa orang nekat mendaki gunung batur sendirian tanpa di pandu oleh seorang guide.

Apakah Boleh Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide?

Hal ini sah-sah saja untuk wisatawan domestik atau penduduk lokal Bali. Tetapi anda adalah pendaki profesional atau sudah pernah melakukan pendakian sebelumnya.

Namun, bilamana anda seorang pemula dalam melakukan pendakian gunung berapi khususnya mendaki gunung batur kintamani Bali. Kami sarankan untuk menggunakan layanan guide. Atau orang yang sudah berpengalaman dan tahu seluk beluk tentang gunung batur.

Ya, itu tadi menggunakan seorang pemandu sebenarnya tidak diwajibkan untuk domestik atau penduduk lokal Bali dalam pendakian. Asalkan kalian mengetahui beberapa tips sebelum memutuskan untuk mendaki gunung Batur tanpa memakai guide.

Kekurangan dan Kelebihan Mendaki Gunung Batur dengan Guide atau Tanpa Guide

Sebelum anda memutuskan melalukan pendakian sendirian atau mendaki gunung batur tanpa guide, ada baiknya anda membaca beberapa hal di bawah ini.

Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide, Apakah Bisa?

Trekking Gunung Batur dengan Guide

Kelebihan dan kekurangan bila mendaki Gunung Batur dengan guide

  1. Seorang Guide akan mengenali kondisi pendaki sebelum melakukan pendakian
  2. Pemandu anda akan menyiapkan senter kepala dan tongkat untuk melakukan pendakian di bawah kegelapan.
  3. Guide akan selalu memberikan perhatian dan memantau kondisi pendaki selama dalam perjalan ke puncak gunung batur.
  4. Bersama orang yang sudah hafal dengan seluk-beluk gunung batur, tentunya anda akan merasa lebih aman.
  5. Perkumpulan Guide Trekking memiliki kerjasama yang bagus, bilamana ada sebuah kecelakaan mereka akan saling membantu dengan cepat.
  6. Anda Tidak akan tersesat, karena di pertengahan gunung batur terdapat banyak persimpangan menuju finish point yang menyebabkan banyak pendaki kehilangan arah.
  7. Kekurangan menggunakan guide adalah anda akan membayar extra untuk jasa guide

Kekurangan dan Kelebihan Mendaki Gunung Batur tanpa Guide

  1. Kemungkinan tersesat sangat besar bilamana anda merupakan seorang pemula.
  2. Anda akan benar-benar sendiri, tanpa pantauan seorang yang lebih tau tentang kondisi gunung batur
  3. Bila anda mendapat masalah dalam pendakian, kemungkinan anda akan terlambat dalam hal mendapatkan pertolongan.
  4. Anda harus menyiapkan perlengkapan mendaki sendiri, mulai dari lampu senter untuk penerangan saat mendaki di bawak kegelapan dan lain sebagainya.
  5. Kelebihannya adalah harga lebih murah sedikit karena anda tidak perlu membayar extra untuk biaya guide.

Tips Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu anda persiapakan dan perhatikan bila anda memutuskan mendaki gunung Batur tanpa Guide.

I. Persiapan yang Matang

Walaupun mendaki gunung Batur dikategorikan mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Baik yang sudah berpengalaman maupun bagi yang pemula juga. Tetapi anda juga perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum melakukan pendakian ke gunung Batur. Yang memiliki ketinggian 1.717 meter dari permukaan laut. Hal-hal yang perlu anda persiapkan

  • Latihan yang cukup beberapa hari sebelum mendaki. Berolahraga ringan seminggu sebelumnya dapat membuat tubuh kita lebih fit selama pendakian berlangsung.
  • Menyiapkan perlengkapan yang perlu dibawa. Perlengkapan yang wajib anda bawa selama pendakian ini diantaranya: jaket, sepatu olahraga dengan grip yang bagus, senter, tas punggung, dan tongkat (bagi yang pemula).
  • Istirahat yang cukup sehari sebelum pendakian. Sangat kami sarankan untuk tidak bergadang semalam sebelum mendaki terutama bagi anda yang ingin mendaki sebelum matahari terbit.

II. Ajak beberapa orang Teman

Jangan pernah melakukan pendakian sendiri tanpa teman, karena hal ini sangat berbahaya karena anda akan berjalan sendiri. Walaupun pas ramai pada saat itu, mereka semua menggunakan guide. Jadi guide mereka akan fokus memantau tamu mereka, dan tidak seorang pun yang memantau kondisi dan keamanan anda.

Coba saja bayangkan jika kalian harus mendaki sendiri di tengah malam tanpa pemandu lokal, dan juga tanpa teman, mungkin akan membuat kalian merasa kesepian atau juga merasa seram hi hi hi.

Mendaki Gunung Batur Tanpa Guide, Apakah Bisa?

Jalur Mendaki Gunung Batur

III. Ketahui jalur pendakian yang tepat

Memilih dan Mengetahui jalur pendakian gunung Batur juga merupakan hal yang wajib. Meskipun treknya terbilang mudah namun di beberapa titik itu juga lumayan membuat kalian bingung terutama bagi yang pertama kali datang ke gunung ini.

Karena itu anda harus mengetahui jalur-jalur yang tepat untuk anda gunakan dalam mendaki gunung Batur tanpa Guide. Olek karena itu kami sarankan baca; start point dan jalur pendakian gunung Batur.

IV. Kenali dan Pahami Pantangan dalam Mendaki gunung Batur

Kawasan gunung Batur merupakan kawasan yang disucikan oleh umat hindu. Juga memiliki beberapa pantangan yang wajib kalian tahu sebelum memutuskan untuk mendaki ke gunung Batur. Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Diantaranya:

  • Wanita yang sedang haid / menstruasi dilarang untuk mendaki
  • Khusus untuk warga hindu Bali yang cuntaka (ada anggota keluarga yang meninggal) untuk sebisa mungkin tidak mendaki dan lebih baik memilih hari lain yang tentunya setelah segala ritual pemakaman selesai.
  • Jangan melakukan hal hal yang tidak senonoh, untuk kalian yang ke sini dengan pacar jangan sampai melakukan hal hal yang di luar batas ya hehe
  • Tidak boleh bicara kasar dan juga bicara yang jorok
  • Tidak melakukan hal hal yang membahayakan keselamatan diri sendiri, keluarga maupun teman

Nah, itu dia sedikit jawaban tentang pertanyaan mengenai apakah bisa mendaki gunung batur tanpa Guide? semoga dengan informasi di atas anda bisa mengambil keputusan yang tepat untuk keselamatan anda.

Bilamana anda ingin menghargai keamanan dan isi dompet anda, kami memberikan harga PROMO paket mendaki gunung Batur. Itu bisa anda pertimbangkan sebelum melakukan pendakian baik sendiri maupun dengan pemandu

12 September 2020

Paket Tour Bedugul Tanah Lot

20 September 2020

Sewa mobil dengan supir dan bbm di Bali