IKUTI
News
  • 3 tahun yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Goa Gajah Ubud Bali; Sejarah dan Tiket Masuk Terbaru
Kategori : Objek Wisata Bali - Post View : 740 views
21
Feb 2023

Goa Gajah Ubud Bali; Sejarah dan Tiket Masuk Terbaru

Halo sobat travel, sudah pernah dengar tentang Goa Gajah Ubud Bali, belum? Kalu belum saya wira akan menjelaskan sedikit tentang goa bersejarah yang dikenal juga sebagai ‘Gua Gajah’ ini. Tempat wisata satu ini adalah sebuah situs sejarah dan keagamaan yang terletak di desa Bedulu.

Tepatnya sekitar 6 kilometer timur laut dari pusat kota Ubud, Bali. Saat ini Gua Gajah ini merupakan salah satu objek wisata terkenal di Bali yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sebelum anda mengunjungi tempat menarik ini, ada baiknya sobat baca tentang daya tarik dan keunikan tempat wisata di Ubud ini. Berikut ini, saya berbagi informasi yang perlu Anda ketahui tentang Goa Gajah Ubud.

Daya Tarik dan Keunikan Goa Gajah Ubud Bali

Sebagai salah satu tujuan wisata bagi wisatawan mancanegara, bukan tanpa alasan lo mereka berkunjung ke Goa Gajah. Berikut adalah beberapa daya tarik utama dari Goa Gajah:

Sejarah dan Arsitektur

Goa Gajah Ubud Bali

Goa Gajah memiliki sejarah yang panjang dan dianggap sebagai situs arkeologi penting di Bali. Gua ini memiliki arsitektur yang unik dan diukir dengan ornamen dan patung yang menarik. Pengunjung dapat mengagumi keindahan gua dan mempelajari sejarahnya dari pemandu wisata lokal.

Goa Gajah Ubud dibangun pada abad ke-11 oleh Raja Bedahulu, seorang penguasa Hindu di Bali. Gua ini dibangun sebagai tempat bermeditasi bagi para biksu dan menjadi tempat pemujaan umat Hindu.

Tempat ini dibangun sebagai tempat bermeditasi bagi para biksu dan menjadi tempat pemujaan umat Hindu. Gua ini terletak di sebuah lembah yang hijau dan dekat dengan Sungai Petanu, yang dianggap suci oleh masyarakat Bali.

Di depan gua terdapat patung gajah yang sangat besar, yang melambangkan kekuatan dan kebijaksanaan dalam kepercayaan Hindu. Nama “Goa Gajah” sendiri berasal dari kata “gua” yang berarti gua dan “gajah” yang berarti gajah dalam bahasa Indonesia, yang merujuk pada patung gajah tersebut.

Goa Gajah ditemukan kembali pada tahun 1922 oleh para arkeolog Belanda, yang melakukan ekskavasi di area sekitar gua. Mereka menemukan beberapa artefak dan benda-benda peninggalan sejarah, seperti arca-arca dan patung-patung kecil, yang menunjukkan bahwa gua ini merupakan situs bersejarah yang penting bagi masyarakat Bali.

Sekarang ini, Goa Gajah telah menjadi salah satu objek wisata terkenal di Bali dan menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Bali. Selain sebagai situs sejarah dan keagamaan, gua ini juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan pemandangan yang memukau, sehingga menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Makna Nama Goa Gajah

Goa Gajah berarti “gua gajah” dalam bahasa Indonesia. Nama ini muncul karena di depan gua terdapat patung gajah yang sangat besar, yang melambangkan kekuatan dan kebijaksanaan dalam kepercayaan Hindu.

Desain Arsitektur Goa Gajah

Goa Gajah Ubud memiliki desain arsitektur yang sangat menarik. Bangunan gua yang menonjol terbuat dari batu kapur dan memiliki ornamen-ornamen seperti patung-patung, relief-relief, serta pahatan-pahatan yang sangat detail. Di dalam gua terdapat beberapa lorong dan ruangan kecil yang terhubung satu sama lain.

Patung Dalam Gua

Di dalam gua terdapat sebuah altar yang dikelilingi oleh beberapa patung Dewa dan tokoh-tokoh mitologi Hindu. Ada beberapa patung kecil di dalam gua, yang dianggap sebagai representasi dari Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa.

Terdapat Air Suci

Di sisi kiri gua terdapat sebuah kolam air yang dianggap suci. Wisatawan yang berkunjung ke Goa Gajah Ubud diharapkan untuk membersihkan diri di kolam ini sebelum memasuki gua.

Sebagai Tempat Kegiatan Religius

Goa Gajah Ubud masih digunakan untuk kegiatan keagamaan oleh umat Hindu Bali. Setiap tahunnya, di sini diadakan perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan, yang merupakan hari suci bagi umat Hindu Bali.

Memiliki Pemandangan Alam yang Indah

Goa Gajah Ubud terletak di tengah-tengah hutan hijau dan lahan sawah yang indah. Anda dapat menikmati pemandangan yang indah dari bukit yang terletak di sekitar gua. Di sini juga terdapat toko-toko suvenir yang menjual berbagai produk kerajinan tangan Bali.

Goa Gajah Ubud Bali

Lokasi Goa Gajah Ubud Bali

Terletak dipinggir jurang tukad petanu, tepatnya di desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, sekitar 6 kilometer timur laut dari pusat kota Ubud, Bali.

Jika Anda berada di kawasan Ubud, Anda dapat mencapai Goa Gajah dengan berkendara sekitar 15-20 menit atau menggunakan jasa transportasi umum seperti taksi atau ojek.

Cara Menuju Goa Gajah Ubud Bali

Sekarang ini, Goa Gajah telah menjadi salah satu objek wisata terkenal di Bali dan menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Bali. Selain sebagai situs sejarah dan keagamaan, gua ini juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan pemandangan yang memukau, sehingga menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Ada beberapa cara untuk mencapai Goa Gajah, tergantung pada preferensi dan budget Anda. Berikut adalah beberapa opsi yang bisa dipilih:

Kendaraan Pribadi: Jika Anda memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, Anda bisa berkendara ke Goa Gajah. Dari pusat kota Ubud, Anda bisa mengambil rute ke arah timur laut menuju desa Bedulu. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 15-20 menit, tergantung pada lalu lintas.

Taksi: Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda bisa menggunakan jasa taksi atau transportasi online seperti Grab atau Gojek untuk mencapai Goa Gajah. Pastikan untuk menegosiasikan harga sebelum berangkat dan pastikan untuk menggunakan taksi resmi agar tidak tertipu.

Ojek: Alternatif lainnya adalah menggunakan jasa ojek, yang biasanya tersedia di area Ubud. Anda bisa menawar harga dengan ojek tersebut sebelum berangkat.

Shuttle Bus: Banyak hotel atau penginapan di area Ubud menyediakan layanan shuttle bus gratis atau dengan biaya tambahan untuk mengantar tamu ke Goa Gajah.

Wisata Hiking: Jika Anda menyukai aktivitas hiking, Anda bisa memilih untuk melakukan perjalanan ke Goa Gajah dengan berjalan kaki. Ada beberapa jalur hiking yang tersedia, tergantung pada tingkat kesulitan dan durasi yang diinginkan.

Sewa Mobil dengan Sopir : ini adalah pilihan terbaik jika and tidak ingin report untuk menyetir sendiri dan mencari lokasinya. Sobat tingga duduk dan biarkan team driver bali tripon yang mengantar anda kemanapun tempat tujuan anda di Bali.

Setelah tiba di Goa Gajah, Anda akan menemukan area parkir kendaraan dan kemudian berjalan kaki ke lokasi gua. Tiket masuk ke Goa Gajah juga tersedia di pintu masuk, dan Anda akan diminta untuk melepaskan sepatu atau sandal sebelum masuk ke area gua.

Panorama di sekitar pura goa gajah

Panorama di sekitar pura goa gajah credit by @Vuochli Kuoy

Tempat Wisata dekat Goa Gajah Ubud Bali

Goa Gajah terletak di kawasan yang kaya akan objek wisata menarik, sehingga Anda bisa menggabungkan kunjungan ke gua dengan mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang berdekatan dengan Goa Gajah:

Pura Pusering Jagat: Terletak hanya beberapa ratus meter dari Goa Gajah, Pura Pusering Jagat adalah pura Hindu yang indah dan sangat terawat. Pura ini merupakan pusat kegiatan keagamaan dan budaya bagi masyarakat setempat, dan sering menjadi tujuan bagi para wisatawan yang tertarik dengan kebudayaan Bali.

Tirta Empul: Terletak sekitar 10 km dari Goa Gajah, Tirta Empul adalah tempat pemandian suci yang populer di Bali. Tempat ini terkenal karena air suci yang dianggap memiliki kekuatan penyembuhan dan membersihkan roh. Wisatawan dapat berendam di kolam suci dan mempraktikkan upacara pembersihan di sana.

Gunung Kawi: Terletak sekitar 7 km dari Goa Gajah, Gunung Kawi adalah kompleks candi dan kuil kuno yang terletak di lembah yang indah. Kompleks ini terdiri dari sepuluh candi yang diukir dalam dinding tebing, dan dianggap sebagai salah satu peninggalan sejarah dan arkeologi Bali yang paling penting.

Museum Blanco: Terletak sekitar 4 km dari Goa Gajah, Museum Blanco adalah museum seni yang menampilkan karya seniman kelahiran Spanyol yang terkenal, Antonio Blanco. Museum ini juga memiliki taman yang indah dan menawarkan pemandangan yang luar biasa ke lembah Campuhan.

Pura Gunung Lebah: Terletak sekitar 2 km dari Goa Gajah, Pura Gunung Lebah adalah pura yang indah dan terkenal di Ubud. Pura ini terletak di tepi Sungai Campuhan dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari puncak bukit. Pura ini menjadi tempat yang ideal bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam Bali.

Ubud Monkey Forest : Berlokasi di pusat ubud tepatnya sebelah barat pura goa gajah ubud. Sekitar 25 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak tempuh 16 km. Hutan yang dihuni oleh ratusan monyet ekor panjang yang mejadi daya tarik tempat ini.

Dengan mengunjungi beberapa tempat wisata alam ini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih lengkap tentang kebudayaan dan keindahan alam Bali.

Alam Sekitar Goa Gajah Ubud Bali

Alam Sekitar Goa Gajah Ubud Bali credit by Марина Михайлюкова

Informasi Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Goa Gajah Ubud terbuka untuk umum karena itu kita dapat mengunjunginya setiap hari, dari pukul 08.00 hingga 17.00 WITA. Sedangkan tiket masuk terbaru ke Goa Gajah Ubud cukup terjangkau, sekitar Rp 30.000 untuk wisatawan domestik dan 50.000 untuk wisatawan asing.

Dengan fasilitas gratis sarong untuk memasuki area pura ini. Jadi perlu kalian ingat untuk wanita yang sedang berhalangan ( bulanan ) agar tidak memaksakan diri untuk ikut masuk ya. Memang tidak ada pemeriksaan secara detail namun resiko akan di tanggung sendiri bagi yang melanggarnya.

Nah itu dia sedikit ulasan tentang Goa Gajah Ubud Bali, yang menjadi tujuan wisatawan yang menyukai sejarah dan ingin melihat keunikan dan keindahan pura dan alam sekitarnya. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, kami ada paket wisata ubud kintamani yang bisa anda selipkan dalam progaram berkunjung ke goa gajah ini.

29 November 2020

Paket Mendaki Gunung Batur | Harga Promo Mulai 215rb

20 Mei 2024

Bali ATV Ride dan Tari Kecak Uluwatu

17 Maret 2024

Jenis Paket Tour Bali 2024 – Tip Liburan Hemat di Bali

Bali Tripon

Bali Tripon adalah Perusahaan Operator Tour dan Sewa Mobil dengan Sopir Berpengalaman di Bali. Kami Melayani dengan hati, Dengan Legalitas Perusahaan No :
AHU-0014633-AH.01.14/ 0309220001892.

Phone : 081217205656

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281217205656

Alamat : Jalan Pakisaji, Cenganasari 3 No.50 Kesiman, Bali 20327
Pool/Office : Jl. Nuansa Utama XIX, Blok A No.2, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Metode Pembayaran

Paket Tour Murah Bali