IKUTI
News
  • 1 bulan yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Objek Wisata Taman Ujung Karangasem - Alamat dan Harga Tiket Masuk
Oleh : Bali Tripon - Kategori : Objek Wisata
18
Okt 2020

Objek Wisata Taman Ujung Karangasem – Alamat dan Harga Tiket Masuk

Hal0 sobat pintar.. ketemu lagi dengan saya, admin dari BaliTripon, kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang objek wisata taman ujung karangasem Bali yang sebelumnya saya sudah menulis tentang tempat wisata tirta gangga karangasem Bali.

Kali ini saya masih berbagi tentang tempat wisata di wilayah yang sama yaitu, Karangasem Bali. Namanya adalah Taman Ujung Karangasem. Sobat pintar mungkin sudah pernah mendengar tentang Taman Ujung, atau sudah pernah mengunjungi taman ini. Taman peninggalan kerajaan karangasem yang memiliki 3 buah kolam indah.

Tetapi bagaimana dengan sobat pintar yang belum sempat ke taman ujung karangasem. Sebelum mengunjungi objek wisata Taman Ujung karangasem Bali, ada baiknya mencari informasi dulu tentang keunikan, lokasi atau alamat, harga tiket masuk, serta jam buka untuk berkunjung ke Taman Ujung Sukasada karangasem Bali.

Taman Ujung Karangasem

Taman Soekasada

Jika di lihat dari peta wisata Bali, Taman Ujung Karangasem termasuk salah satu tempat wisata populer yang berada di Bali bagian timur, Selain objek wisata Pura Lempuyang Bali dan Tirta Gangga Karangasem.

Ketiganya terletak di wilayah karangasem yang merupakan wilayah timur pulau Bali. Sekitar 60km jika kita mulai dari Denpasar, dengan waktu perjalanan kuang lebih 1 jam 40 menit atau lebih tergantung situasi jalan menuju tempat wisata Taman Ujung Karangasem Bali.

Tetapi jika anda mulai dari Candidasa, tempat ini tidaklah begitu jauh. Kita hanya membutuhkan waktu 30 menit dengan sepeda motor atau mobil pribadi. Tentunya perjalanan santai serambi menikmati pemandangan alam pedesaan yang mengagumkan.

Sejarah Tentang Taman Ujung Karangasem Bali

Sejarahnya agak serem dikit…..Pada awalnya taman ujung karangasem adalah sebuah tempat terpencil yang digunakan untuk membuang orang-orang yang berilmu hitam. Pada tahun 1901 yang di kenal dengan nama “Kolam Dirah”. Kolam dirah dibangun pada masa kejayaan raja I Gusti Bagus Jelantik yang memiliki gelar dengan nama, Agung Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1901.

Karena Lokasi Taman Ujung Karangasem sangat sepi dan dekat pantai, membuat raja karangasem merubah konsep kolam dan taman ujung menjadi tempat peristirahatan keluarga kerajaan saat itu.

Pada tahun 1909, Raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik menugaskan seorang arsitektur dari Belanda yang bernama Van Den Hentz. Tidak hanya 1 orang arsitektur tetapi raja karangasem juga memanggil arsitektur orang Tiongkok China yang bernama Loto Ang.

Kolam Dirah

Kolam Dirah Karangasem

Ditemani oleh arsitektur kerajaan, mereka bersama-sama merubah kolam dirah yang notabenenya serem menjadi kolam peristirahatan yang indah dan megah dengan tempat bersemedi untuk raja dan bangunan tempat menjamu tamu kerajaan pada saat itu.

Pengerjaan pembangunan taman Ujung Soekasada berlangung sekitar 12th sampai benar-benar selesai pada tahun 1921. Dulunya wilayah taman ujung karangasem mencapai 400 hektar, tetapi raja karangasem sangat mencintai masyarakatnya, dia membagi-bagikan tanah milik kerajaannya sampai akhirnya tinggal 10 hektar.

Sampai sekarang Taman Ujung Karangasem adalah milik pribadi keluarga Puri Karangasem. Namun pengunjung umum diperbolehkan mengunjunginya. Peresmian Taman Ujung Karangasem diresmikan pada tahun 1937, Dengan dibuatnya sebuah prasasti marmer yang ditulisi naskah dalam aksara Latin dan Bali dan dua bahasa, Melayu dan Bali.

Alamat Taman Ujung Karangasem Bali

Objek wisata Taman Ujung ini lebih dekat dibandingkan Pura Lempuyang Bali dan Tirta Gangga. Jika sobat pintar mulai dari Bandara Bali atau areal Denpasar. Lokasinya di Jl. Taman Ujung, Tumbu, Kec. Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali 80811, sekitar 3 km dari kota Karangasem. Untuk Google map taman ujung karangasem, silahkan cek Disini

Rute dan Cara Menuju Taman Ujung Karangasem

Perjalanan ke taman ujung terbilang sedikit jauh karena kita akan merkendaraan sepanjang 60km dan 2 jam, jika kita berangkat dari kota Denpasar, tetapi itu tidak akan terasa melelahkan, karena sepanjang perjalanan menuju lokasi kita bisa melihat pegunungan, pedesaan dan pantai timur Bali yang indah dan Bersih. Kita akan melewati beberapa tempat wisata selama dalam perjalanan.

Objek wisata itu, antara lain : Bali Safari Marine park,  kawasan wisata goa lawah ( bat cave ), Padang bai, Candi Dasa, Desa Tenganan, kemudian melewati kota Amlapura (ibukota Kabupaten Karangasem) dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil, tentunya tergantung situasi kemacetan di jalan.

Taman Soekasada bali

Untuk Transportasi, Rata-rata semua tempat wisata di Bali terletak di wilayah terpencil, sehingga angkutan umum tidak mau mengambil jalur kesana karena sulit untuk menemukan penumpang. Untuk itu, sobat pintar harus menyiapkan kendaraan sendiri atau menyewa kendaraan tanpa sopir.

Tetapi, jika anda tidak ingin menambah beban dalam perjalanan wisata ke taman ujung karangasem, kami sarankan menggunakan layanan sewa mobil dengan sopir. Semua pilihan ini sangat mudah diperoleh di sekitaran Denpasar. Tentunya layanan ini akan membuat perjalanan anda lebih santai dan aman tidak tersesat

Jam Buka Taman Ujung

Berbeda dengan tempat wisata tirta gangga atau lempunyang yang buka selama 24 jam, tetapi taman ujung hanya di buka dari pukul 6 pagi sampai jam 7 sore. Waktu kinjungan ini berlaku untuk semua pengunjung, baik orang lokal maupun wisatawan domestik dan International.

Waktu terbaik berkunjung adalah pagi hari, khusus bagi pengunjung yang ingin melakukan sesi poto praweding biasanya mengambil waktu di pagi hari pada saat matahari terbit. Atau sore hari pada saat matahari terbenam.

Bagi wisatawan yang hanya ingin berkunjung sepanjang hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini, namun saya sarankan pagi hari akan lebih baik, mengingat jaraknya sangat jauh dari kota denpasar.

Harga Tiket Masuk

Nah, untuk mengunjungi tempat wisata ini dikenakan biaya tiket sebesar 15.000 di hitung per orang khusus untuk wisatawan domestik. Tetapi berbeda dengan tiket masuk untuk wisatawan asing dan para potografer dan poto praweding, dibawah ini adalah harga

  • Tiket masuk, Rp 15,000 / orang (Domestik).
  • Tiket masuk Rp 50,000 / orang (WNA).
  • Parkir mobil, Rp 5,000 / mobil.
  • Tiket masuk untuk photo shooting, IDR 1,000,000 (untuk semua krew).
Objek Wisata Taman Ujung Karangasem – Alamat dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket masuk taman ujung soekasada bali

Nah itu adalah biaya tiket masuk ke taman ujung Bali untuk saat ini, harga sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu kami juga memiliki informasi daftar tiket masuk ke tempat wisata di Bali yang lain. Silakan dilihat disini, daftar harga tiket masuk tempat wisata di Bali.

Fasilitas yang Tersedia

Walaupun lokasi tempat wisata ini jauh dari pusat pariwisata seperti Kuta dan Ubud, tetapi tempat wisata ini tempat parkir yang luas. Dan jalur menuju areal tempat wisata sangat luas dengan bebagai kios-kios lokal yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Bagi anda yang ingin membawa makan ke areal taman ujung, untuk saat ini tidak ada larangan dari petugas. Tetapi mohon jangan membuang sampah sembarangan!

Spot Menarik Tempat Wisata Taman Ujung

Memiliki Keunikan panorama alam

Selain 3 kolam besar, Keunikkan tempat wisata ini berada diatas bangunan pilar terbuka yang berada paling atas dengan menaiki 100 anak tangga. Pemandangan menakjupkan dan melihat lautan biru pantai Ujung bisa anda temukan dari pilar tanpa atap ini.

Di bagian timur dengan melihat ke bawah, pesona dan keunikan dari arsitektur taman Ujung Soekasada, akan terlihat. Selain itu dibagian timur atas, anda akan melihat bukit hijau, bernama bukit Bisbis.

taman soekasada karangasem

Memiliki Keunikan Arsitektur yang berciri khas Eropa

Karena penggambungan dari arsitektur Eropa jaman pertengahan dan arsitektur Bali. Arsitektur Eropa dapat dilihat dari terdapatnya kaca warna warni, yang terdapat di dinding bangunan peristirahatan raja, mirip seperti desain dari gereja yang ada di Eropa. Dari jendela dalam kamar peristirahatan raja, anda dapat melihat kolam dengan bunga Tujung / Lotus yang berwarna putih dan merah.

Nah itu dia sobat pintar, sedikit ulasan tentang Taman Ujung Soekasada Karangasem Bali  semoga bisa membah pengetahuan anda ya.. Jika anda ingin mengetahui tempat menarik lainya di Bali, silahkan cek disini; 15 Tempat wisata yang harus di kunjungi di Bali

Daftar Paket Promo

Promo Ticket Bali Zoo Untuk Domestik
PROMO Promo Ticket Bali Zoo Untuk Domestik
IDR 75.000 IDR 140.000
Paket Rafting Sungai Telaga Waja Bali
PROMO Paket Rafting Sungai Telaga Waja Bali
IDR 195.000 IDR 650.000
Promo Bali Safari Marine Park Untuk Domestik
PROMO Promo Bali Safari Marine Park Untuk Domestik
IDR 115.000 IDR 175.000

Bali Tripon

Bali Tripon adalah Perusahaan Operator Tour dan Sewa Mobil dengan Sopir Berpengalaman di Bali. Dibawah Naungan PT. Golden Kuta Tours No 10/License no: 391/D/BPU/III/ 51.

Phone : 081217205656

Email : balitripon@gmail.com

Whatsapp : +6281217205656

Alamat : Jalan Pakisaji, Cenganasari 3 No.50 Kesiman, Bali 20327

Metode Pembayaran

Paket Tour Murah Bali