News
  • 3 tahun yang lalu / Temukan dan pilih paket tour dan promo wisata terlengkap dengan harga terjangkau dengan pelayanan prima di Bali
Air Terjun Taman Sari Gianyar, Daya Tarik dan Lokasinya
Kategori : Objek Wisata Bali - Post View : 152 views
28
Jun 2023

Air Terjun Taman Sari Gianyar, Daya Tarik dan Lokasinya

Air Terjun Taman Sari Gianyar merupakan salah satu objek wisata air terjun yang berada di Kabupaten Gianyar. Bagaimana air terjun tersebut, mari simak ulasan berikut.

Kabupaten Gianyar tidak hanya terkenal akan kesenian dan budaya yang telah mengakar dan terlihat pada keseharian kehidupan masyarakatnya.

Kabupaten ini tidak hanya memiliki maestro -maestro seni yang mendunia yang menciptakan berbagai kesenian baik itu seni rupa, seni tari, seni lukis dan lainnya.

Terletak di tengah -tengah pulau Bali, Kabupaten ini menawarkan pesona wisata alam yang mampu mebuat siapaun yang berkunjung terkagum-kagum.

Banyak objek -objek wisata yang menarik yang tersuguhkan saat kita memutuskan untuk berwisata ke kabupaten Gianyar.

Tentunya saat mendengar kata Kabupaten Gianyar. Maka hal pertama kali yang terlintas dalam benak adalah kabupaten yang memiliki nilai seni yang tak ternilai.

Bila kita berwisata ke Kabupaten Gianyar maka banyak objek-objek wisata yang dapat menjadi pilihan kita. Dari sebuah objek wisata yang alami hingga objek wisata buatan.

Semua objek -objek wisata tersebut memiliki keunikan dan ciri khas sebagaimana kesenian dan budaya yang berada d Kbaupaten Gianyar.

Seperti halnya kecamatan Ubud, kecamatan ini merupakan destinasi favorit bagi para wisatawan yang datang. Bukan berarti daerah yang lainnya tidak begitu bagus.

Hanya saja Ubud begitu identik dengan pariwisata yang berada di kabupaten Gianyar ini. jika kalian pergi Ke kabupaten Gianyar Maka Kota Ubud tentu adalah tujuan utama.

Walaupun demikian, di luar dari kecamatan Ubud, pesona dari wisata yang tersuguhkan pun tidak kalah menarik dan berkesan.

Seperti Kecamatan Gianyar yang merupakan Bagian dari Kabupaten Gianyar, kecamatan ini memiliki atraksi pariwisata yang tidak kalah menariknya.

Bila kalian pernah berwisata ke Bali Safari & Marine Park, Objek wisata Air Terjun Kanto lampo, Objek Wisata Air Terjun Goa rang reng, Objek Wisata Air Terjun Suwat.

Itulah Beberapa Objek Wisata yang berada di Kecamatan Gianyar. Dan  Air Terjun Taman Sari Gianyar, menambah daftar objek wisata.

Daya Tarik Air Terjun Taman Sari Gianyar

Air Terjun Taman Sari Gianyar, Daya Tarik dan Lokasinya

Air terjun taman sari berlokasi di Banjar Ngenjung Sari, Desa Bakbakan , Kecamatan Gianyar , Kabupaten Gianyar.

Objek wisata ini di buka sekitar tahun 2019. Dan memiliki lokasi yang sangat dekat dengan objek wisata Air terjun Goa rang reng.

Selain itu lokasi dari air terjun taman sari berada pada sebuah lembah di Banjar Babakan. Untuk mencari lokasi air terjun tidaklah begitu sulit.

Beberapa Baliho dan papan penanda arah didirikan untuk menandai lokasi menuju air terjun Taman sari.

Hanya saja sedikit usaha harus sobat traveler berikan saat menuju lokasi dimana air terjun taman sari berada.

Sobat traveler harus menuruni puluhan anak tangga dan juga melewati hutan kecil yang berada di sepanjang jalan menuju lokasi air terjun.

Dari tempat parkir kendaraan Sobat traveler memerlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke air terjun.

Kalian harus sedikit mengeluarkan tenaga saat menuruni anak tangga, tetapi hal tersebut bukanlah hal yang cukup melelahkan.

Karena suasana sepanjang jalan yang banyak terdapat tumbuhan sehingga membuat jalan tangga menjadi sejuk dan rindang.

Sepanjang jalan kalian akan mendengar kicauan burung serta ngengat, dan juga melihat beberapa serangga seperti capung, ngengat , dan kupu-kupu berwarna warni.

Dengan adanya hutan kecil yang banyak tumbuh pepohonan seperti pohon bambu membuat udara di objek wisata tersebut menjadi sejuk serta bebas polusi.

Sebelum sampai pada lokasi dimana air terjun berada, sobat traveler dapat mengambil beberapa foto dengan berlatar belakang hutan kecil yang berada di area Air Terjun Taman Sari Gianyar.

Dari turunan anak tangga kalian dapat mendengar suara air terjun yang menderu turun ke bawah menimpa bebatuan yang berada di bawah air terjun taman sari.

Sebagaimana objek air terjun yang terkenal yang berada di Bali, Objek wisata air terjun taman sari juga ini memiliki daya tariknya tersendiri.

Inilah dia daya tarik  dari objek wisata Air Terjun Taman Sari Gianyar yang perlu kalian ketahui;

1. Terdapat Dua Kolam Alami

Air terjun taman sari memiliki dua kolam bertingkat yang memiliki kedalaman yang berbeda, ke dua kolam tersebut terbentuk secara alami.

Bebatuan yang terus menerus di tempa oleh air membuat kolam alami ini terbentuk. Pada tingkat teratas kolam alami ini memiliki kedalaman sekitar 130 cm dan pada tingkat bawah memiliki kedalaman sekitar 150 cm.

Aliran dan debit air terjun taman sari sangat besar dan kencang, sehingga membuat kolam alami yang berada di bawah Air Terjun Taman Sari Gianyar menjadi penuh dengan air setiap harinya.

Dan aliran air yang mengalir di air terjun ini berasal dari aliran air bendungan irigasi Kabupaten Gianyar serta pancuran air alami yang mengarah pada kolam air.

Sehingga membuat air tersebut memiliki temperatur yang cukup dingin.

Untuk sampai ke kolam yang paling atas kalian haus menaiki tangga batu yang berada di samping air terjun.

Kalian harus sedikit berhati -hati melintasi tangga batu tersebut karena tangga tersebut sedikit licin dan berlumut akibat hempasan percikan air terjun.

Bahkan untuk kolam alami yang berada di tingkat atas maka kalian akan melihat beberapa air yang meluncur di celah-celah bebatuan.

Selian itu pula kalian akan melihat bagaimana tebing -tebing batu tersebut membentuk pola aliran air yang sangat indah.

Kolam alami ini dikelilingi oleh tumbuh -tumbuhan serta berdinding tebing -tebing batu yang mengeluarkan air di celah -celahnya.

Kedua kolam alami memiliki jarak ketinggian antara kolam adalah sekitar 1 hingga 1,5 meter.

2. Terdapat Areal Suci

Sebelum di buka sekitar tahun 2019 dan dikenal publik secara luas, Air terjun Taman sari dahulunya merupakan tempat untuk melakukan pembersihan rohani ( Melukat) bagi Umat Hindu.

Dan bila kalian berkunjung ke objek wisata air terjun taman sari, maka kalian akan melintasi sebuah areal suci Pura Beji yang berada di kawasan areal Air Terjun Taman Sari Gianyar.

Pura Beji ini oleh masyarakat setempat memiliki peranan yang cukup penting yang  mana di pura beji ini terdapat tiga pancoran yang berguna dalam prosesi upacara keagamaan.

3. Terdapat 13 kolam, dan kisah Kolam Bidadari.

Ada sekitar 13 Pacoran air yang berada di areal Taman sari ini, dan ke 13 Pancoran tersebut  berasal dari sumber air murni ( Air klebutan) yang muncul dari tanah ke permukaan.

Sehingga ke 13 pancoran alami tersebut airnya dapat langsung di minum. Khusus untuk 3 pancoran berada di areal Pura Beji.

Dan 10 pancoran berada di areal Kolam air terjun dan mengalir jatuh dari ke dalam kolam alami air terjun tersebut.

Masyarakat lokal / umum biasanya hanya menggunakan 10 pancoran ini untuk melukat ( pembersihan diri secara rohani).

Dan 3 pancoran yang bertempat di areal pura hanya di peruntukan untuk prosesi upacara.

Konon dahulu berdasarkan kisah dari para tetua, di antara 13 pancoran air tersebut terdapat pancoran dedari (Bidadari).

Yang mana pada pancoran tersebut konon sering dijumpai bidadari yang mandi, dan menghilang dalam sekejap mata.

Itulah mengapa muncul kisah pancoran dedari ( Bidadari) yang merupakan salah satu kisah dari 13 pancoran air yang berada di areal air terjun Taman sari.

Dan tentunya saat kalian berkunjung ke objek wisata air terjun Taman sari ini kalian tentunya akan dapat menyaksikan sendiri pancoran -pancoran tersebut.

4. Terdapat Spot Foto

Bagi kalian yang berkunjung yang merasa sedikit kesulitan dalam mencari spot foto yang baik selama kalian berwisata di Area Air Terjun ini.

Kalian tidak usah takut sobat traveler, karena objek wista ini memiliki pengelolaan yang cukup baik. saat kalian memasuki kawasan objek wisata air terjun ini.

Sebuah papan petunjuk yang menunjukan arah air terjun serta spot untuk berfoto terpampang sangat jelas.

Bila kalian ingin berfoto terlebih dahulu kalian bisa langsung menuju ke area spot foto sebelum akhirnya basah -basahan di areal air terjun taman sari.

Spot -spot foto tersebut semuanya mengarah ke aliran deras air terjun sebagai latar belakangnya.

Selain memiliki spot fotonya yang dibangun sebagai fasilitas pendukung, Kalian pun dapat berfoto di areal air terjun.

Kalian tidak akan kehabisan ide untuk foto -foto yang cantik dengan air terjun dan kolam alami sebagai latar belakangnya.

5. Berenang

Berenang adalah hal wajib yang harus kita lakukan saat berwisata ke sebuah objek wisata air , seperti Objek wisata air terjun Taman sari ini.

Kalian dapat berenang dan berendam pada kolam -kolam alami yang terdapat di areal air terjun ini. Kalian dapat merasakan sensasi dari derasnya debit air terjun.

Serta hempasan dari derasnya air terjun tersebut.

6. Pemandangan Air Terjun yang Indah

Air terjun ini dikelilingi oleh tebing -tebing batu dan pepohonan yang rindang dan menghijau, sehingga panorama alam yang ditawarkan benar-benar menyejukan mata.

Bahkan beberapa tebing batu seprti memiliki ukiran yang terbentuk alami akibat pengikisan permukaan tebing batu akibat aliran air yang merembes keluar.

Tiket Masuk Air Terjun

Air Terjun Taman Sari Gianyar, Daya Tarik dan Lokasinya

Adapun tiket masuk yang diberlakukan pada objek air terjun ini cukup terjangkau Sobat Traveler, kalian hanya membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000 untuk wisatawan dewasa dan Rp. 10000 untuk wisatawan anak -anak.

Harga tiket yang cukup terjangkau bukan untuk kalian yang gemar menikmati pesona akan keindahan sebuah air terjun.

Fasilitas di Objek Air Terjun

Banyak fasilitas penunjang kegiatan wisata yang terdapat pada areal objek wisata Air Terjun Taman Sari ini, selain beberapa spot -spot foto yang telah ada.

Kalian dapat melihat fasilitas toilet, ruang ganti pakaian  dan tempat untuk menaruh tas dan baju yang berada dekat dengan area Air Terjun.

Serta Tempat memarkirkan kendaran yang telah tertata dengan baik, selain itu areal air terjun ini memiliki life guard yang mengawasi para pengunjung yang beraktivitas di kolam air.

Sobat traveler pun dapat mengunakan gazebo yang di bangun menghadap ke air terjun untuk menikmati derasnya air terjun yang turun sembari duduk bersantai.

Jam Buka Objek Air Terjun

Adapun jam operasional dari objek wisata air terjun Taman sari ini adalah dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. dan objek wisata ini dibuka setiap hari.

Jadi saat hari minggu pun kalian tetap dapat mengunjungi objek wisata air terjun ini.

Rute ke Objek Air Terjun Taman Sari Gianyar

Seperti yang kalian ketahui sobat traveler bahwa objek wisata air terjun ini berada di Banjar Ngenjung Sari, Desa Bakbakan , Kecamatan Gianyar , Kabupaten Gianyar.

Adapun bila sobat traveler datang dari kota Denpasar. Kalian membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke air Terjun Taman Sari ini. Dengan Melewati jalan jalan  by Pass Profesor Ida Bagus Mantra.

Dan Bila Kalian datang dari arah Kuta , sobat traveler memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Perjalanan dengan melewati Jalan Gatot Subroto dan dilanjutkan ke jalan by Pass Profesor Ida Bagus Mantra.

Bila kalian datang dari arah canggu kalian dapat menempuh perjalanan sekitar 1 jam.

Atau bila kebetulan kalian berada di Ubud kalian dapat menempuh perjalanan sekitar 30 menit untuk sampai di objek wisata air terjun ini.

Kalian dapat mengunakan aplikasi MAP secara online ataupun mengunakan jasa transportasi yang akan membawa kalian ke tempat tujuan wisata.

Adapun salah satu jasa transportasi terpercaya dan terbaik yang berada di Bali adalah Bali Trip0n.

Sebuah operator tour dan sewa mobil yang berasal dari bali yang menjual berbagai tour wisata dan penyediaan jasa transportasi.

Tips Berwisata Objek Air Terjun Taman Sari Gianyar

Adapun tips yang harus kalian perhatikan untuk berwisata ke Air Terjun Taman sari ini adalah

  1. Membawa pakaian ganti secukupnya
  2. Membawa handuk dan perlengkapan lainnya yang kalian perlukan .
  3. Kalian harus berhati-hati dalam melangkah pada pijakan tangga maupun bebatuan yang berada di areal air terjun. Untuk menghindari terpeleset ataupun tergelincir.
  4. Selalu menjaga dan menghormati lingkungan di sekitar air terjun mengingat adanya kawasan suci di area air terjun.
  5. Bila kalian berwisata bersama anak -anak pastikan untuk selalu mengawasi anak-anak saat bermain air di dalam kolam alami.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai objek wisata air terjun taman sari. Bagi kalian yang belum pernah pergi berwisata ke objek air terjun tersebut.

Tentunya dengan membaca artikel ini, kalian akan mendapatkan gambaran dan informasi mengenai air terjun taman sari ini.

Dan sebagai referensi tambahan informasi untuk kalian yang ingin mengetahui informasi wisata ataupun tempat-tempat wisata yang berada di Kabupaten Gianyar.

Silahkan membaca daftar artikel yang berdekatan dengan Air Terjun Taman Sari Gianyar, di bawah ini

  1. Agro Wisata Kopi Luwak Bali
  2. Serayu Pot & Terracotta
  3. Jembatan Kaca Gianyar Bali
  4. Goa Gajah Ubud Bali
  5. Tlaga Singha Bali
  6. Pura Tirta Empul Tampak Siring
  7. Hidden Canyon Ubud
  8. Sawah Bertingkat Tegallalang
  9. Taman Dedari Ubud
  10. Air Terjun Tibu Mana
  11. Air Terjun Tegenungan
  12. Monkey Forest Ubud
  13. Daftar makanan Khas Bali ayang patut di coba saat liburan
  14. Tempat Wisata di Ubud untuk Anak

Bagaimana sobat traveler, Kabupaten gianyar memberikan kalian banyak pilihan objek wisata bukan? semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Jangan lupa untuk selalu mengunakan transportasi terbaik di Bali yang bisa kalian dapatkan dari Bali Tripon. Dengan mengunakan moda transportasi terupdate dan tentunya tidak ketinggalan zaman.

Sehingga membuat perjalanan wisata sobat traveler menjadi perjalanan yang lebih nyaman, seru dan pastinya aman dengan orang -orang yang profesional pada bidangnya.

Dan sampai jumpa pada artikel -artikel selanjutnya yang mengulas tentang tempat wisata yang menarik dan yang sedang menjadi trend wisata di Bali.

5 Juni 2022

Destinasi Wisata Bali Timur – Tempat Wisata Hits Terbaru

6 Desember 2021

Taman Dedari Ubud Bali – Daya Tarik, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

13 Mei 2020

Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali | Lokasi dan Harga Ticket

Bali Tripon

Bali Tripon adalah Perusahaan Operator Tour dan Sewa Mobil dengan Sopir Berpengalaman di Bali. Kami Melayani dengan hati, Dengan Legalitas Perusahaan No :
AHU-0014633-AH.01.14/ 0309220001892.

Phone : 081217205656

Email : [email protected]

Whatsapp : +6281217205656

Alamat : Jalan Pakisaji, Cenganasari 3 No.50 Kesiman, Bali 20327
Pool/Office : Jl. Nuansa Utama XIX, Blok A No.2, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Metode Pembayaran

Paket Tour Murah Bali